Kamis 13 Jun 2019 06:22 WIB

Jelang Vs Vanuatu, Timnas Indonesia Harus Tetap Waspada

Secara peringkat FIFA, posisi Vanuatu tak berbeda jauh dengan Indonesia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola timnas Indonesia mengikuti sesi latihan di lapangan ABC Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (7/6/2019).
Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Pesepak bola timnas Indonesia mengikuti sesi latihan di lapangan ABC Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (7/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia kembali akan diuji kemampuannya. Kali ini melawan Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dalam laga persahabatan internasional FIFA, Sabtu (15/6). Meski kekuatan sepak bola Vanuatu belum dikenal di kancah Internasional, namun Indonesia tetap harus waspada.

Indonesia tetap harus mencari cara agar bisa memenangkan pertandingan. Apalagi secara peringkat FIFA, posisi Vanuatu tak berbeda jauh dengan Indonesia. Vanuatu kini berada diurutan ke-166 FIFA. Sedangkan, Indonesia berada di 159 FIFA atau terpaut hanya tujunh angka.

Oleh karena itu, jika berkaca kepada peringkat FIFA, tidak ada alasan bagi pasukan Simon McMenemy meremehkan lawan. Peringkat Vanuatu bahkan lebih baik dibandingkan Malaysia yang selalu menjadi batu sandungan Indonesia pada setiap event penting.

Pergi ke Jakarta, Vanuatu dalam kondisi kepercayaan tinggi. Mereka baru saja memenangkan uji coba tiga negara, yaitu Tahiti dan Fiji. Vanuatu menang atas Tahiti dan bermain imbang 0-0 dengan Fiji. Minimnya informasi mengenai kekuatan Vanuatu bisa menjadi malapetakan bagi Evan Dimas dan kawan-kawan jika tak bisa diantisipasi.

Selain itu, dalam beberapa sumber disebutkan, Vanuatu mempunyai satu pemain yang kenyang pengalaman. Ia adalah Mitch Cooper yang pernah bermain di klub Australia Newcastle Jets. Ia dikenal sebagai gelandang yang kreatif.

Pengalaman Mitch Cooper di sejumlah klub bisa diprediksi akan menjadi tumpuan permainan Vanuatu. Bisa jadi catatan apik Vanuatu seperti dalam uji coba tiga negara  terulang di Jakarta.

Kondisi terbalik justru terjadi di skuat Indonesia. Indonesia baru saja dihajar tuan rumah Yordania 1-4 dalam laga persahabatan di Stadion King Abdullah II, Amman, Yordania Selasa (11/6). Kekalahan tersebut jelas menjadi pekerjaan McMenemy untuk memperbaikinya.

McMenemy mengatakan, timnya mendapatkan banyak pelajaran usai kalah dari Yordania. McMenemy menilai Yordania adalah tim bagus dan kuat. Oleh karena itu, sangat diperlukan melakukan uji coba dengan tim kuat seperti Yordania.

McMenemy diprediksi akan melakukan beberapa rotasi pemain saat melawan Vanuatu. Ia kemungkinan akan memainkan pemain yang tidak diturunkan saat melawan Yordania.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement