Kamis 13 Jun 2019 14:05 WIB

Lee Chong Wei Umumkan Pensiun dari Bulu Tangkis

Lee Chong Wei memutuskan pensiun setelah 19 tahun berkarir.

Pemain tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei
Foto: Republika/Bilal Ramadhan
Pemain tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang bulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei mengumumkan pensiun dari olah raga tersebut. Dikutip dari AFP, mantan pemain nomor satu dunia yang terkena kanker itu mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis (13/6).

"Keputusan saya untuk pensiun adalah keputusan yang berat. Saya sangat menyukai olahraga ini. Tetapi ini adalah olahraga yang menuntut. Saya berterima kasih kepada semua warga Malaysia selama 19 tahun terakhir," kata Lee, Chong Wei (36), yang berlinang air mata, pada konferensi pers.

Baca Juga

Usai pensiun, Lee Chong Wei mengatakan akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Ia bahkan akan mengajak istrinya, yang juga mantan bintang bulu tangkis Malaysia, Wong Mew Choo, untuk berbulan madu. Perjalanan yang tertunda sejak mereka menikah pada 2012.

Pebulu tangkis kelahiran 21 Oktober 1982 itu menempati peringkat satu dunia selama 199 pekan mulai 21 Agustus 2008 hingga 14 Juni 2012, sebelum sakit membuat peringkatnya menurun drastis hingga saat ini 199 dunia. Lee, ayah dua anak itu didiagnosa kanker hidung tahap awal tahun lalu dan setelah menjalani pengobatan intensif di Taiwan, mengatakan ia ingin bermain lagi.

Namun ia tidak berlatih sejak April dan setelah kehilangan serangkaian tenggat waktu yang ditentukannya sendiri untuk kembali berkompetisi, harapannya untuk bisa mengikuti Olimpiade tahun depan pun semakin jauh. Sepanjang karirnya, Lee mengumpulkan tiga medali perak Olimpiade pada 2008, 2012, dan 2016, dan tiga kali menjadi runner-up pada Kejuaraan Dunia (2011, 2013, 2015).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement