Jumat 14 Jun 2019 11:26 WIB

Toronto Raptors Juara NBA 2019

Ini merupakan sejarah baru bagi klub asal Kanada yang mampu menjadi juara NBA.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Golden State Warriors Klay Thompson cedera di pertengahan laga final NBA melawan Toronto Raptors, Jumat (14/6). Dengan kemenangan ini, Raptors unggul total 4-2 sekaligus memastikan menjadi juara NBA yang baru.
Foto: EPA/MONICA M DAVEY
Pemain Golden State Warriors Klay Thompson cedera di pertengahan laga final NBA melawan Toronto Raptors, Jumat (14/6). Dengan kemenangan ini, Raptors unggul total 4-2 sekaligus memastikan menjadi juara NBA yang baru.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Toronto Raptors akhirnya berhasil keluar sebagai juara NBA 2019. Ini setelah dalam laga final keenam NBA yang berlangsung Jumat (14/6) WIB di Oracle Arena, California, Raptors menang 114-110 atas tuan rumah sekaligus juara bertahan dua tahun terakhir, Golden State Warriors.

Dengan kemenangan ini, Raptors unggul 4-2. Hebatnya, Raptors berhasil meraih tiga kemenangan di kandang Warriors. Selain laga keenam ini, tim asuhan Nick Nurse juga memenangkan laga tandangnya di gim ketiga dan keempat.

Dua tembakan bebas Kawhi Leonard menyudahi seluruh rangkaian laga NBA musim ini. Ini merupakan sejarah baru bagi klub asal Kanada yang mampu menjadi juara di liga basket terbesar di dunia ini.

Kawhi dalam laga ini mencetak 22 poin, Lowry dan Siakam memimpin Raptors dengan 26 poin. Freed VanVleet juga menyumbang 22 poin dan Serge Ibaka menambah 15 poin.

Sementara di kubu Warriors, Thompson memimpin dengan 30 poin, Andre Iguodala 22 poin, Stephen Curry 21 poin, DeMarcus Cousins 12 poin, dan Draymond Green 11 poin, 19 rebound, dan 13 assist.

Pada kuarter pertama, Raptors langsung memimpin 8-0. Kyle Lowry menjadi bintang dalam kuarter pertama ini dengan mencetak 15 poin dan membawa Raptors memimpin dengan skor 33-32. Sedangkan, Klay Thompson menjadi pencetak skor terbanyak di kuarter ini dengan 10 poin.

Lowry kembali membuka kran poin bagi Raptors di awal kuarter dua, melalui dua tembakan bebasnya. Pertandingan berlangsung sengit, kedua tim saling memimpin, namun akhirnya saat jeda istirahat tim tamu memimpin 60-57.

Warriors mencoba mengambil kuarter ketiga dengan melepaskan dua kali percobaan tembakan tiga angka dari Stephen Curry dan Klay Thompson. Namun keduanya gagal.

Raptors justru membuka poin melalui VanVleet. Tuan rumah berhasil memimpin beberapa kali dan membalikkan keadaan 88-86.

Tuan rumah mengawali kuarter akhir tanpa Thompson yang sempat mengalami cedera di akhir kuarter tiga dan Curry yang diistirahatkan. Thompson tidak mampu melanjutkan laga di gim keenam ini. Sebuah kehilangan bagi Warriors karena dalam laga ini Thompson sudah mengoleksi 20 poin. 

Kehilangan Thompson berpengaruh besar terhadap Warriors. Sehingga, juara bertahan akhirnya harus mengakui lawannya dengan skor 110-114.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement