Selasa 18 Jun 2019 21:08 WIB

Rafa Benitez Dikabarkan Bakal Melatih Klub di Liga Cina

Benitez belum menandatangani perpanjangan kontrak di Newcastle United

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Bayu Hermawan
Rafael Benitez
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Rafael Benitez

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Rafael Benitez dilaporkan menerima tawaran melatih klub Liga Super Cina, Dalian Yifang sebesar 12 juta poundsterling. Benitez sudah ditawari perpanjangan kontrak oleh Newcastle namun dia belum menyetujui tawaran tersebut.

Berdasarkan isu yang berkembang, mantan pelatih Liverpool tersebut akan meninggalkan St James’ Park setelah lebih dari tiga musim menangani Newcastle. Saat ini, pelatih asal Spanyol tersebut juga dikaitkan sebagai kandidat pengganti Maurizios Sarri yang hengkang dari Chelsea ke Juventus.

Baca Juga

Benitez merupakan nama favorit yang akan menukangi Chelsea dibandingkan Frank Lampard. Namun dia mempunyai hubungan kurang harmonis dengan fan ketika menjadi pelatih Chelsea pada 2012-2013.

Ada juga kemungkinan Benitez tak akan pergi ke Cina sebagaimana dikutip dari BBC, Selasa (18/6) karena masih menunggu tawaran klub lain. Namun, nilai tawaran yang besar dari klub Cina tersebut diyakini sulit untuk ditolak.

Benitez terbilang sukses bersama Newcastle karena berhasil membawa klub tersebut promosi pada 2017. The Magpies kemudian sukses di posisi ke-10 dan 13 pada musim berikutnya.

Sementara itu, jika Benitez resmi menangangi Dalian Yifang, dia mempunyai pekerjaan yang cukup berat. Dia akan dituntut meningkatkan performa tim yang musim ini hanya menang tiga kali dari 13 kali pertandingan yang dilakoninya di bawah pelatih asal Korea Selatan Choi Kang-hee.

Klub-klub Liga Super Cina dalam beberapa tahun terakhir dikenal sangat jor-joran mengeluarkan uang untuk mendatangkan pemain maupun pelatih kelas dunia. Sebut saja beberapa pemain yang kini bermain di klub Cina, yaitu mantan pemain Chelsea Oscar.

Di posisi pelatih ada mantan pelatih Brazil, Luiz Filipe Scolari, Andre Villas-Boas dan Manuel Pellegrini yang pernah menangani klub Cina. Selain itu ada juga Fabio Cannavaro, Gustavo Poyet dan Felix Magath.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement