Kamis 27 Jun 2019 06:00 WIB

Salah Bantu Mesir Lolos ke 16 Besar Piala Afrika

Mesir mengalahkan Republik Demokratik Kongo 2-0 di Stadion Internasional Kairo, Kamis

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Bintang Mesir Mohamed Salah (tengah) melepaskan tendangan saat melawan Kongo di Piala Afrika.
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Bintang Mesir Mohamed Salah (tengah) melepaskan tendangan saat melawan Kongo di Piala Afrika.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO  -- Mesir memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Afrika. Mesir mengalahkan Republik Demokratik Kongo 2-0 di Stadion Internasional Kairo, Kamis (27/6). Bintang Liverpool Mohamed Salah mencetak gol untuk membantu Mesir memuncaki Grup A dalam pertandingan kedua fase grup.

Kongo hampir saja mencetak gol lebih dulu, jika upaya Marcel Tisserand tak membentur tiang gawang pada menit ke-11. Mesir membuka keunggulan di menit 25 melalui Ahmed Elmohamady. Bek Aston Villa itu mampu menjebol gawang Kongo dari dalam kotak penalti, dengan memanfaatkan umpan Salah. 

Baca Juga

Salah hampir mencetak gol dari tendangan bebas, namun masih dapat dihalau oleh kiper Ley Matampi. Menit 40, Kongo kembali apes usai sundulan Jonathan Bolingi membentur tiang gawang. Namun, Salah akhirnya memperbesar tuan rumah menjadi 2-0 pada menit ke-43, usai menaklukan Matampi dari jarak dekat. Skor itu bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Mesir mengoleksi enam poin dari dua kemenangan, dan memuncaki Grup A. The Pharaohs pun dipastikan lolos setelah Zimbabwe hanya meraih hasil imbang 1-1 lawan Uganda. Poin mesir tak lagi dapat terkejar oleh peringkat tiga dan keempat yang ditempat oleh Zimbabwe dan Kongo. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement