Jumat 28 Jun 2019 10:10 WIB

Tekuk Paraguay Lewat Adu Penalti, Brasil ke Semifinal

Brasil tak mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain di waktu normal.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Brasil merayakan kemenangan.
Foto: EPA/Fernando Bizerra
Timnas Brasil merayakan kemenangan.

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO ALEGRE -- Brasil akhirnya lolos ke semifinal Copa America 2019 usai menang lewat drama adu penalti melawan Paraguay, Jumat (28/6). Brasil tak mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain sejak awal babak pertama untuk mencetak gol dalam laga itu.

Brasil tak menunjukkan efektivitas dalam pertandingan di fase grup saat melawab Paraguay di perempat-final. Tim tuan rumah ini mendapatkan banyak peluang yang terbuang sia-sia. Selain karena memang kiper Paraguay Roberto Fernandez yang tampil gemilang.

Baca Juga

Padahal, Brasil menguasai bola sebesar 70 persen berbanding 20 persen. Skuat Samba yang mengurung pertahanan Paraguay melakukan percobaan sebanyak 18 kali dan delapan kali ke arah gawang. Sementara, Paraguay hanya punya satu tendangan ke arah gawang.

Peluang emas didapatkan oleh pemain depan Brasil Gabriel Jesus, saat posisinya sudah berhadapan satu lawan satu dengan Fernandez. Namun tendangannya masih melebar.

Memasuki babak kedua, Brasil diuntungkan oleh kartu merah yang diterima Balbuena di menit ke-57. Sejak unggul jumlah pemain, Brasil pun terus menguasai jalannya laga. Willian nyaris merobek gawang lawan jika tendangannya tak membentur tiang gawang di menit ke-90.

Pertandingan pun dilanjutkan lewat drama adu penalti. Penendang pertama Paraguay Gustavo Gomez gagal melakukan tugasnya usai tendangannya ditepis kiper Brasil Alisson Becker.

Empat eksekutor Brasil berhasil mengoyak gawang Paraguay, yakni Willian, Marquinhos, Courinho, dan Gabriel Jesus. Hanya Firmino yang gagal menceploskan bola.

Selain penendang pertama Paraguaz, Gomez yang gagal menaklukkan Allison, eksekutor terakhir Paraguay, Derlis Gonzalez, juga gagal menjalankan tugasnya. Brasil ke semifinal berkat menang adu penalti 4-3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement