Jumat 28 Jun 2019 20:26 WIB

PS Tira Persikabo Waspadai Permainan Cepat Arema

Rahmad Darmawan mengakui Arema sulit dikalahkan jika bermain di kandang.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Bayu Hermawan
Rahmat Darmawan
Foto: Republika/Wihdan
Rahmat Darmawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PS Tira Persikabo akan bertandang ke Stadion Gajayana, untuk menghadapi Arema Malang dalam pertandingan lanjutan pekan keenam Liga 1 2019. Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan mengakui Arema merupakan tim kuat.

Menurutnya, tim asuhannya perlu keberuntungan untuk dapat mencuri tiga poin di kandang Arema. Pasalnya, dalam empat laga yang telah dilewati, pria yang akrab disapa RD ini mengaku capaian tim tak lepas dari faktor keberuntungan.

Baca Juga

"Kalau bisa beli keberuntungan saya akan beli," kata Rahmad dalam konferensi pers jelang laga di Malang, Jumat (28/6).

Tira Persikabo menduduki peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1 2019 dengan torehan delapan poin dari hasil dua kali menang dan dua kali imbang. Tira Persikabo kalah lima poin dari Bali United sebagai pemuncak klasemen sementara. Disusul oleh Madura United dengan 10 poin di peringkat kedua. RD enggan mengambil kesimpulan terlalu cepat dengan menilai tim asuhannya jauh lebih baik dari dua musim sebelumnya.

"Pertandingan baru empat kali, saya rasa terlalu dini untuk menilai tim saya, jujur kita semua di tim masih belum puas dengan performa tim karena belum teruji, ini hanya faktor keberuntungan kita mendapatkan tiga kandang kemarin," ujarnya.

Jelang laga melawan Singo Edan, RD meyakinkan tim dalam kondisi siap. Kendati demikian dia mengakui bahwa Arema merupakan tim dengan sejarah panjang prestasi yang diraih. RD menilai para pemain Arema memiliki militansi yang kuat dan pantang menyerah hingga akhir pertandingan. Selain itu, RD juga mengaku telah mengingatkan anak asuhnya untuk waspada sejak menit awal. Menurutnya, Arema kerap memberikan tekanan dan berusaha mencuri peluang sejak di menit-menit awal.

"Hasil terakhir Arema di Piala Presiden merupakan suatu gambaran bagaimana skuat Arema, ini tim yang sangat teruji. Tim yang selalu bisa keluar dari situasi sesulit apapun," kata RD.

"Saya pernah di sini, dan sejarah panjang Arema ini memang tim dengan tradisi kuat sebagai pemenang, dia punya jiwa juang yang sangat baik, militansi pemain yang luar biasa dan ini yang tidak hilang sampai sekarang artinya kewaspadaan terhadap skuat yang seperti ini yang sangat betul-betul kita waspadai," lanjut dia.

Selain itu RD menilai bermain di Stadion Gajayana lebih menantang dibandingkan di Stadion Kanjuruhan. Menurutnya, jarak antara tribun penonton dengan lapangan di Stadion Gajayana lebih dekat jika dibandingkan dengan Stadion Kanjuruhan. Menurutnya, hal itu akan menciptakan atmosfer yang berbeda bagi Laskar Padjajaran.

"Atmosfer jelas lebih menantang di Gajayana karena itu stadion yang sangat bersejarah buat Arema, dulu saya masih pegang Persikota pun pernah merasakan bagaimana atmosfer di Gajayana, juga termasuk beberapa partai yang dilakukan beberapa tim di gajayana, atmosfernya berbeda," kata dia.

Terlepas dari itu, RD berharap keberuntungan masih berpihak pada tim. Meskipun, dia juga mengakui hasil positif dari empat laga terakhir juga merupakan perjuangan anak asuhnya. Menurutnya, secara keseluruhan ada performa yang menarik dari pemain walaupun masih ada banyak hal yang harus dibenahi.

"Itu sudah saya sampaikan secara langsung kepada pemain, tapi yang membuat saya senang adalah bahwa di tim saat ini fighting spirit anak-anak itu bisa menutupi beberapa kelemahan dalam sisi teknis, itu yang saya lihat," jelas dia.

RD berharap pada laga melawan Arema nanti, semangat tim bisa tetap terjaga seperti pada laga-laga sebelumnya. "Karena kalau sampai turun maka sulit sekali melawan Arema, karena kelebihan Arema seperti tadi saya katakan, militansi bermain yang luar biasa apalagi kalau main di kandang, itu yang harus saya ingatkan. Sekali lagi, tim saya masih dengan segala kekurangannya dan terus mencoba berbenah menjadi lebih baik," tuturnya.

Senada dengan itu, kiper Tira Persikabo, Angga Saputra memastikan tim sudah siap menghadapi Arema. Sebagai penjaga gawang, tentu pemain yang harus diwaspadai adalah pemain depan. Menurutnya, adalah Ricky Kayame dan Dedik Setiawan. "Untuk persiapan pemain kita alhamdulillah cukup baik dan insyaallah kita akan bermain fight aja untuk lawan Arema," kata Angga.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement