Ahad 30 Jun 2019 05:55 WIB

Ini Kata Quartararo Usai Buat Rekor Pole Position di MotoGP

Quartararo tercatat sebagai peraih pole position beruntun termuda, 20 tahun.

Fabio Quartararo
Foto: EPA/FAZRY ISMAIL
Fabio Quartararo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rookie sensasional Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, kembali membuat sejarah di MotoGP. Quartararo tercatat sebagai peraih pole position beruntun termuda, 20 tahun, usai menjadi yang tercepat pada kualifikasi GP Belanda di Sirkuit Assen, Sabtu (29/6).

Pembalap asal Prancis itu mencetak waktu tercepat di kualifikasi dengan catatan 1 menit 32,017 detik, yang juga rekor baru putaran tercepat di Sirkuit Assen. Ia mengalahkan Maverick Vinales dari Monster Energy Yamaha di P2 dengan margin 0,140 detik.

Baca Juga

Quartararo merupakan peraih pole position di seri sebelumnya di Catalunya. Pole position di Assen merupakan kali ketiga bagi pembalap tim satelit Yamaha itu setelah menempati start pertama di GP Spanyol, Jerez.

"Aku tak bisa berkata-kata. Ini sungguh luar biasa," kata Quartararo usai kualifikasi.

Quartararo mengaku bangga atas pencapaian ini yang disebutnya berkat kerja keras tim. Timnya, kata dia, berusaha mendapatkan laju motor yang cepat sepanjang latihan bebas pada Jumat (28/6) hingga kualifikasi.

Vinales juga mendapati akhir pekan ini dengan penampilan kuat di sesi latihan bebas dan berharap bisa menjaga momentum Yamaha di balapan nanti. "Hari ini targetnya adalah baris terdepan. Aku merasa cukup baik. Aku merasa kami di level yang cukup baik," kata Vinales.

Sementara Alex Rins yang lolos dari Q1 akan melengkapi baris terdepan di P3, hasil kualifikasi terbaiknya musim ini.

"Ritme yang luar biasa. Untuk besok tiga atau empat pebalap Yamaha sangat kuat jadi kami harus lakukan balapan yang cerdas," kata Rins.

Penampilan impresif juga diperlihatkan rekan satu timnya, Joan Mir, untuk merebut posisi start kelima. Juara GP Belanda tahun lalu, Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi pebalap Honda tercepat untuk mengunci P4. Sedangkan Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) akan start dari P6. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) di P8.

Danilo Petrucci (Ducati) yang tampil kencang di sesi latihan, harus puas di P7 sementara rekan satu timnya, Andrea Dovizioso akan start dari P11, di belakang pembalap tim satelit Ducati Jack Miller.

Seperti yang Dovi pernah katakan, Assen merupakan sirkuit yang kurang bersahabat dengan karakter motor Ducati. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) lolos ke Q2 namun tak mempunyai kecepatan yang bisa mengalahkan 11 pe,balap lainnya dan akan start dari P12.

Sementara itu Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) gagal lolos di Q1 dan akan start dari P14. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) mengalami kecelakaan parah ketika latihan pada Jumat dan dinyatakan tidak fit untuk turun di Belanda dan juga seri selanjutnya di Jerman karena mengalami retak tulang belakang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement