Senin 01 Jul 2019 04:31 WIB

Mesir Raih Hasil Sempurna di Penyisihan Grup Piala Afrika

Salah dan El Mohamady Bawa Mesir ke Babak 16 Besar Piala Afrika

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Bayu Hermawan
Pemain Mesir Mohamed Salah saat pertandingan melawan Uganda, Senin (1/7) dinihari WIB.
Foto: EPA
Pemain Mesir Mohamed Salah saat pertandingan melawan Uganda, Senin (1/7) dinihari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO --Tuan rumah Mesir lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2019 dengan status juara grup A dengan 9 poin. Di partai terakhir penyisihan grup melawan Uganda, Mesir menang 2-0 lewat gol Mohamed Salah menit ke-36 dan Ahmed El Mohamady pada menit ke- 45+1, di Stadion Internasional Kairo, Senin (1/7) dini hari WIB.

Salah mencetak gol pertama lewat tendangan bebas. Bola hasil tendangannya mengarah deras ke pojok atas kiri gawang Uganda. Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Salah dan kawan-kawan mendominasi permainan. Mereka terus menekan pertahanan Uganda.

Baca Juga

Jelang babak pertama berakhir, Mesir menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat sepakan El Mohamady. Berawal dari umpan mendatar dari sisi kiri pertahanan Uganda, El Mohamady sukses menyambutnya dengan tendangan keras ke sudut jauh kanan gawang Uganda. Skor bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, pertandingan berjalan sedikit berimbang. Mesir tak Penguasaan bola sebesar 51 persen untuk tim Firaun berbanding 49 untuk Uganda. Uganda melakukan beberapa pergantian pemain untuk membuat penyegaran. Namun upaya mereka tak berhasil mengejar ketertinggalan hingga pertandingan usai.

Meski kalah, Uganda tetap lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up grup. Mereka mengumpulkan empat poin dari tiga kali pertandingan. Sementara Republik Demokratik Kongo bertengger di posisi ketiga dengan tiga poin berkat kemenangan 4-0 atas Zimbabwe pada pertandingan yang bersamaan dengan Mesir versus Uganda. Zimbabwe sendiri menjadi juru kunci karena hanya mengumpulkan satu poin dari tiga pertandingan grup A.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement