Rabu 03 Jul 2019 11:09 WIB

Macan Kemayoran Siap Ngotot

Persija ingin meraih kemenangan perdana saat menjamu PSS Sleman.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Persija Jakarta Marko Simic (tengah) meluapkan kegembiraan usai timnya menang melawan Borneo FC dalam pertandingan semifinal leg pertama Piala Indonesia di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/6/2019).
Foto: ANTARA FOTO
Pesepak bola Persija Jakarta Marko Simic (tengah) meluapkan kegembiraan usai timnya menang melawan Borneo FC dalam pertandingan semifinal leg pertama Piala Indonesia di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta akan menjamu tim promosi, PSS Sleman, pada laga lanjutan pekan keenam Liga 1 2019 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (3/7) sore ini WIB. Laga tersebut diprediksi berlangsung ketat. Itu karena kubu tuan rumah belum mencicipi kemenangan selama gelaran liga musim ini berlangsung. Pada empat laga sebelumnya, tim Ibu Kota tak pernah menang lantaran bermain di kandang lawan.

Mereka hanya berhasil mencatatkan dua kali imbang dan dua kali kalah dua. Hal itu membuat Persija berada di peringkat ketiga terakhir klasemen sementara dengan perolehan dua poin. Untuk itu, pada laga kandang pertama ini, Macan Kemayoran pastikan diri siap dan bertekad untuk meraih poin penuh.

"Kami yakin bisa memenangkan laga besok (sore ini) untuk melangkah klasemen lebih baik," kata Pelatih Persija Jakarta, Julio Banuelos, pada konferensi pers menjelang laga di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (2/7). Namun, kabar kurang menggembirakan datang dari materi pemain. Tim Ibu Kota diprediksi tidak akan diperkuat oleh beberapa pemain inti.

Persija dipastikan tidak diperkuat oleh kiper andalannya, Andritany Ardhiyasa, yang harus absen setelah mengalami cedera patah tulang di bagian jari tangan kirinya seusai bertabrakan dengan Terens Puhiri saat Persija berjumpa Borneo FC di Piala Indonesia. Posisi Andritany kemudian akan diambil alih oleh kiper kedua Persija, Shahar Ginanjar.

Tidak hanya itu, sang juara bertahan juga diprediksi tampil tanpa dua pilar utamanya di lini pertahanan, Steven Paulle dan Ryuji Utomo. Paulle mengalami cedera di daerah pahanya saat menjalani latihan pekan lalu menjelang laga melawan Borneo FC.

Sementara, Ryuji Utomo masih diragukan tampil pascacedera engkel yang dideritanya saat kontra Persela Lamongan, pekan lalu. Selain itu, Ramdani Lestaluhu juga mengalami cedera saat membela tim nasional (timnas) Indonesia pada laga persahabatan melawan Yordania. Ramdani mengalami patah tulang pada bahu kirinya seusai bertabrakan dengan salah satu pemain Yordania pada menit-menit akhir babak pertama.

 

Ditambah lagi, Heri Susanto dan Rezaldi Hehanussa juga belum dapat dipastikan bermain pada laga melawan PSS nanti. Namun, Julio memastikan kondisi pemain yang sebelumnya mengalami cedera berangsur membaik. Seperti Bruno Matos yang sempat mengalami cedera otot dan membuatnya absen selama tiga pekan, dipastikan akan kembali memperkuat skuat Macan Kemayoran.

Kendati demikian, dia belum membocorkan barisan pemain yang akan diturunkan pada laga nanti. "Beberapa pemain sempat mengalami cedera, namun sudah berangsur membaik, itu hal positif. Siapa pun yang dipasang, tim ini sudah siap dan tanggung jawab," kata Julio. Julio juga menilai kualitas lini depan, baik Bambang Pamungkas maupun Marko Simic, keduanya sama-sama tajam.

Dari kubu tamu, PSS Sleman diprediksi akan menyulitkan Macan Kemayoran. Dalam empat laga sebelumnya, PSS berhasil menang pada laga pembuka, yakni menang 3-1 atas Arema FC dan mengakhiri tiga laga berikutnya dengan hasil imbang. Lawan-lawan PSS tersebut, antara lain, kontra Bhayangkara FC, Persipura Jayapura, dan Semen Padang FC. Bagi tim promosi, ini merupakan hasil positif.

Selain itu, PSS memiliki waktu persiapan yang cukup menjelang laga melawan Macan Kemayoran. Namun, pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro, justru mengatakan ada beberapa pemain yang tidak dalam kondisi 100 persen. Kendati demikian, tim medis telah memberikan izin kepada pemain itu untuk bermain. Seto membawa 18 pemain untuk menantang tim Ibu Kota.

Seto memastikan tidak menganggap remeh tim asuhan Julio meskipun banyak pemain inti calon lawannya tersebut yang mengalami cedera. Seto bahkan mewaspadai kebangkitan tim Persija setelah empat kali gagal meraih poin penuh pada musim ini. Menurut dia, dua poin yang diraih Persija adalah hasil positif karena bisa imbang saat bermain tandang.

"Saya pikir Persija tim yang besar, tim yang kuat. Mereka punya materi pemain yang lebih mumpuni," kata Seto dalam konferensi pers menjelang laga, Selasa (2/7).

Lima Pertandingan Terakhir Persija

 

29/6/19: Persija Jakarta vs Pusamania Borneo FC, 2 – 1 (Piala Indonesia)

22/6/19: Persela Lamongan vs Persija Jakarta, 0 – 0 (Liga 1 2019)

31/5/19: Bali United vs Persija Jakarta, 1 – 0 (Liga 1 2019) 26/5/19: PSIS Semarang vs Persija Jakarta, 2 – 1 (Liga 1 2019) 20/5/19: Barito Putera vs Persija Jakarta, 1 – 1 (Liga 1 2019)

Lima Pertandingan Terakhir PSS

21/6/19: PSS Sleman vs Bhayangkara FC, 1 – 1 (Liga 1 2019) 31/5/19: Persipura Jayapura vs PSS Sleman, 1 – 1 (Liga 1 2019) 25/5/19: PSS Sleman vs Semen Padang, 1 – 1 (Liga 1 2019) 15/5/19: PSS Sleman vs Arema FC, 3 – 1 (Liga 1 2019) 15/3/19: PSS Sleman vs Persija Jakarta, 0 – 2 (Piala Presiden 2019) Head to head PSS Sleman vs Persija Jakarta, 0 – 2 (Piala Presiden 2019)

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement