Rabu 03 Jul 2019 18:18 WIB

Atasi PSS, Persija Petik Kemenangan Pertama di Liga 1

Persija menaklukkan PSS dengan skor tipis 1-0 lewat gol Marko Simic.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Persija Marko Simic (bawah) merayakan golnya ke gawang PSS Sleman.
Foto: Dok Media Persija
Penyerang Persija Marko Simic (bawah) merayakan golnya ke gawang PSS Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta sukses meraih poin penuh pertamanya di Liga 1 saat menjamu PSS Sleman di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (3/7). Persija menaklukkan PSSI dengan skor tipis 1-0 lewat gol Marko Simic.

Tambahan tiga poin membuat posisi Persija naik ke peringkat 12 dengan nilai lima dari lima laga. Sementara PSS tertahan di peringkat 10 dengan nilai enam dari lima laga. Ini juga menjadi kekalahan perdana tim asuhan Seto Nurdiantoro.

Baca Juga

Jalannya laga

Pada babak pertama, kubu tuan rumah lebih dominan menguasai jalannya pertandingan. Sejak pertandingan di mulai, skuat Macan Kemayoran langsung berikan inisiatif serangan ke barisan pertahanan Super Elang Jawa. Beruntung pertahanan anak asuh Seto Nurdiantoro mampu membendung serangan Bruno Matos dkk.

Pada menit kedua Novri mendapatkan peluang pertamanya saat berhasil menembus barisan belakang PSS Sleman. Sayang, manuver Riko mampu dihentikan oleh Ega Rizky Pramana. Sejurus kemudian, Riko kembali mengancam gawang PSS Sleman. Sayang umpan tarik yang ia berikan kepada Matos tidak diakhiri dengan baik. Sepakan Matos masih melenceng dari gawang.

Beberapa rangkaian serangan skuat Super Elang Jawa berhasil menembus lini bertahan tim Ibu Kota. Namun, belum ada ancaman berarti yang cukup membangkitkan adrenalin hingga pada menit ke-15. Percobaan pertama kubu tamu datang dari Ricky Kambuaya. Sayang, Kambuaya masih gagal merobek gawang Shahar Ginanjar.

Persija kembali mengancam gawang PSS Sleman pada menit ke-20. Eksekutor tendangan bebas dengan jarak yang ideal mengarahkan bola langsung ke gawang. Namun, si kulit bundar hanya mendarat manis di pelukan Ega. Bola terus bergulir dari kaki ke kaki para pemain. Serangan demi serangan terus dilancarkan tim Ibu Kota.

Persija akhirnya berhasil merobek gawang PSS melalui serangan balasan usai menggagalkan serangan PSS. Serangan cepat berhasil menembus pertahanan PSS Sleman. Pada menit 25 gol tercipta melalui tendangan Marko Simic ke sisi kanan gawang usai menerima umpan silang dari Bruno Matos. Persija unggul sementara 1-0.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

🎥 FULL TIME: @persijajkt 1-0 @pssleman. 25' Marko Simic ⚽ __ Gol @markosimic_77 bawa Macan Kemayoran raih kemenangan perdana di Liga 1 2019.

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

Merasa belum aman dengan satu gol, Persija terus lancarkan serangan ke lini bertahan PSS.  Serangan berakhir saat Matos memutuskan untuk melepaskan tendangan, sayang umpan tarik yang diberikan Simic berakhir sia-sia. Bola masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Ega.

Pada menit ke-29 Super Elang Jawa memberikan ancaman yang menggetarkan hati the Jakmania. Haris Tuharea yang mendapatkan kesempatan emas di depan gawang Shahar.  Tapi tandukan Haris saat menerima umpan masih melenceng dari gawang. 

Dua menit berikutnya, Wahyu Sukarta mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan spekulasi, bola pun melambung jauh di atas mistar gawang Persija. Selanjutnya, pada menit 37 giliran Riko Simanjuntak yang memberikan tekanan. Tapi umpan Riko tak mampu digapai oleh Simic yang siap melakukan tandukan.

Menjelang babak pertama berakhir, striker PSS, Yevhen akhirnya mendapatkan peluang emas. Yevhen lepaskan tendangan yang mengarah langsung ke gawang. Beruntung bagi Persija, Shahar mampu mengamankan bola tersebut. Babak pertama berakhir dengan skor sementara 1-0, kemenangan bagi tuan rumah.

Pada babak kedua, PSS bermain lebih agresif. Yevhen dkk langsung memberikan ancaman serius ke gawang Shahar. Gagal di serangan pertama, Tuharea mendapat peluang berikutnya pada menit 49. Sayang tandukan Tuharea saat menyambut umpan dari sepak pojok masih mengarah ke atas mistar gawang. 

Selang dua menit, Yevhen kembali melihat peluang untuk lepaskan tendangan, sayang bola masih membentur mistar gawang. Jengah menerima serangan bertubi-tubi, Macan Kemayoran lancarkan serangan balik dengan cepat. Pada menit ke-52 Simic pun berhasil menjebol gawang PSS. Namun, gol tersebut dianulir wasit lantaran Simic terlebih dahulu dalam posisi offside.

Pada menit ke-56, gawang PSS kembali kebobolan dengan gol bunuh diri pemain. Namun, gol kembali dianulir saat wasit melihat Simic lebih dulu berada di posisi offside. Pertandingan berjalan dengan menarik pada waktu yang tersisa. Kedua tim secara bergantian saling jual-beli serangan. Namun, hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir oleh wasit, tidak ada gol tambahan yang diciptakan kedua tim. Hasil akhir 1-0, kemenangan bagi tuan rumah.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement