Kamis 04 Jul 2019 17:25 WIB

Arema Bungkam Persipura, Dedik Sumbang Dua Gol

Arema menaklukkan Persipura 3-1 pada laga di Stadion Gajayana, Kota Malang, Kamis.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Arema FC, Dedi Setiawan (dua dari kiri) berusaha melewati hadangan tiga pesepak bola Persipura Jayapura dalam pertandingan Liga I di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur, Kamis (4/7/2019).
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Pesepak bola Arema FC, Dedi Setiawan (dua dari kiri) berusaha melewati hadangan tiga pesepak bola Persipura Jayapura dalam pertandingan Liga I di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur, Kamis (4/7/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Arema FC meraih hasil positif saat menjamu Persipura Jayapura pada laga pekan ketujuh Liga 1 2019. Arema menaklukkan Persipura 3-1 pada laga di Stadion Gajayana, Kota Malang, Kamis (4/7) sore. Penyerang timnas Indonesia, Dedik Setiawan, menyumbang dua gol dalam kemenangan Arema tersebut.

Ini menjadi kemenangan kedua tim asuhan Milomir Seslija dari lima laga. Tambahan tiga angka membuat posisi Singo Edan naik tiga ke peringkat 12 dengan nilai enam.

Baca Juga

Sementara bagi Persipura yang menempati posisi 16 dengan nilai tiga, ini menjadi kekalahan ketiga dari enam laga. Tim Mutiara Hitam yang tanpa pelatih kepala setelah Luciano Leandro diberhentikan belum pernah merasakan kemenangan di Liga 1 2019.

Jalannya laga

Sejak awal laga, Arema FC sudah menunjukkan ambisi untuk memenangkan laga dengan mengambil inisiatif serangan. Peluang langsung tercipta pada menit kelima. Sylvano Comvalius, Dendi Santoso, dan Makan Konate bergantian menggempur gawang lawan. Serangan bertubi-tubi ini nyatanya belum mampu membuahkan gol untuk tuan rumah,

Menit ketujuh, Comvalius kembali menusuk lini belakang Persipura. Keadaan yang diduga offside ini justru membuahkan satu gol untuk Arema FC. Gol pembuka diciptakan Makan Konate setelah Comvalius gagal menembus gawang Dede Sulaiman. Bola sepakan Comvalius dari sudut semput berhasil dihalau bek Persipura, namun mengenai tiang dan mengarah ke Konate. Tanpa kesulitan, Konate langsung menyambut bola dan mengarahkannya ke gawang kosong.

Tim Mutiara Hitam sendiri sempat mendapatkan kesempatan besar pada menit ke-10. Peluang didapatkan oleh pemain asal Korea Selatan, Oh Inkyun. Tendangan pemain bernomor punggung delapan ini melenceng jauh dari gawang Arema

Kedua tim bergantian melepaskan serangan sampai akhirnya Arema menambah gol keduanya pada menit ke-21. Comvalius yang membawa bola dari tengah melihat kedua rekannya berlari di sisi kiri. Ia pun melepaskan umpan terobosan yang disambut Dedik Setiawan. Hanya sebentar menggiring, Dedik melepaskan tendangan menyusur rumput untuk menjebol gawang Persipura yang telah ditinggalkan Dede Sulaiman.

Menjelang babak pertama berakhir, Persipura sebenarnya bisa memperkecil skor lewat serangan balik. Salah satunya terjadi pada menit ke-33 di mana On Inkyun memberikan umpan kepada Samassa Mahamadou. Namun sundulan Samassa gagal menembus gawang Arema hingga skor 2-0 tak berubah.

Memasuki babak kedua, Arema tak mengendurkan serangan meskipun lapangan berat diguyur hujan. Gol ketiga pun tercipta pada menit ke-63, kembali dari kerja sama Comvalius dan Dedik. Comvalius yang lepas di sisi kiri pertahanan Persipura tanpa kawalan dengan mudah melepas umpan matang ke mulut gawang yang disambut Dedik dengan tendangan keras yang tak mampu dihalau Dede Sulaiman.

Arema bermain dengan 10 orang setelah Ikhfanul Alam dikartu merah pada menit ke-75. Ia melanggar keras Oh Inkyun yang terkapar di lapangan basah terkena guyuran hujan.

Keunggulan pemain ini dimanfaatkan Persipura untuk balik menekan Arema. Tim Mutiara Hitam akhirnya mampu menjebol gawang Arema pada menit ke-86 melalui Valentino Telaubun. Valentino menyambut tendangan bebas dari sudut sempit dengan tandukan yang tak bisa dihentikan kiper Arema Utam Rusdiana. Namun ofisial laga akhirnya menyatakan gol tersebut bunuh diri Hamka Hamzah yang mencoba menghalau bola, tapi tak mampu melewati garis gawang.

Namun, ini menjadi satu-satunya gol balasan pada laga tersebut. Satu gol yang tak mampu menghindarkan Persipura dari kekalahan ketiga dalam enam laga di Liga 1 2019 sejauh ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement