Ahad 07 Jul 2019 18:58 WIB

Redam Isu 'Casual', Bobotoh-Bonek Pererat Persaudaraan

Para pentolan tak ingin ada bentrokan terjadi di ranah suporter.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Viking bersama Mia Beutik (berhijab) menjalin silaturahim dengan Bonekamania setelah laga Persebaya vs Persib Bandung di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (6/7).
Foto: Rep/Dadang
Viking bersama Mia Beutik (berhijab) menjalin silaturahim dengan Bonekamania setelah laga Persebaya vs Persib Bandung di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (6/7).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Suporter Persib Bandung, Bobotoh, dan pendukung Persebaya Surabaya, Bonek Mania, mempererat tali persaudaraan lewat acara silaturahim yang digelar di daerah Ngagel Surabaya, Sabtu (6/7). Acara silaturahim tersebut dihadiri istri mendiang Panglima Bobotoh Persib, Ayi Beutik, yakni Mia Dasmawati, dan Koordinator Tribun Green Nord, Husin Gozali dari Bonek Mania. Hadir pula perwakilan-perwakilan dari Bobotoh dan Bonek Mania lainnya.

Mia Beutik, sapaan akrab Mia Dasmawati menyatakan, silaturahim tersebut digelar untuk mempererat tali persaudaraan antara kedua suporter, yang telah terjalin selama 16 tahun. Mia berharap, persaudaraan yang telah terjalin selama ini, bisa terus berlanjut dan bahkan lebih harmonis lagi.

"Iya ini silaturahim saja. Selama ini kan hubungan Bobotoh dan Bonek Mania sudah dikenal baik. Ya kami berharap hubungan yang sudah terjalin selama 16 tahun ini bisa lebih baik dan lebih harmonis lagi," ujar Mia di sela silaturahim tersebut.

Mia pun menyampaikan terima kasih kepada Bobotoh dan Bonek Mania yang mampu menjaga hubungan kedua suporter tersebut terus harmonis. Mia kemudian mengingatkan kedua suporter untuk tidak terpengaruh pihak-pihak lain yang berupaya merusak hubungan baik kedua suporter lewat provokasi-provokasi yang dilontarkan.

"Ya kan biasanya ada aja pihak-pihak yang ingin merusak hubungan kedua kelompok yang selama ini sudah terjalin baik. Kita berharap kedua suporter tidak terpengaruh provokasi-provokasi seperti itu," ujar Mia.

Koordinator Tribun Green Nord Husin Gozali juga mengungkapkan hal serupa. Pria yang akrab disapa Cak Cong ini berharap, kedua suporter bisa terus menjaga hubungan harmonis yang sudah terjalin sekitar 16 tahun. Cak Cong tidak mengharapkan kedua suporter terpengaruh provokasi yang ingin memecah belah hubungan baik tersebut. Saat ini, isu suporter 'casual' memang sedang menjadi pekerjaan rumah bagi Bonek dan Bobotoh.

"Ya jangan sampai lah terpengaruh pihak-pihak yang ingin memecah belah. Jadi ketika Bonek away ke Bandung atau sebaliknya bisa lebih enjoy. Jangan terpengaruh provokasi-provokasi murahan. Aslinya kita baik-baik saja, jangan sampai ada yang terhasut," kata Cak Cong.

Cak Cong merasa, silaturahim antar kedua suporter tersebut bisa intens dilakukan, demi terjaganya hubungan baik yang terjalin selama ini. Diharapkannya, dengan sering terjalinnya silaturahim antar kedua suporter, bisa lebih mempererat dan menydarkan kedua kelompok suporter, bahwa mereka bersaudara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement