Ahad 07 Jul 2019 21:10 WIB

Marc Marquez Masih Raja Sirkuit Sachsenring

Kemenangan Marquez di Sachsenring Ahad (7/7) merupakan yang ke-10 di semua kelas.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pebalap Repsol Honda, Marq Marquez
Foto: EPA
Pebalap Repsol Honda, Marq Marquez

REPUBLIKA.CO.ID, SAXONY -- Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, terbukti masih superior saat tampil di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Pebalap berusia 26 tahun itu tercepat di sesi balapan GP Jerman pada seri kesembilan MotoGP musim ini, Ahad (7/7) petang WIB.

Kemenangan ini menjadi kemenangan ke-10 secara beruntun Marquez di Sirkuit Sachsenring pada semua kelas. Pebalap asal Spanyol itu mencatatkan waktu selama 41 menit 8,3276 detik saat melahap 30 lap di Sirkuit Sachsenring.

Marquez mencatatkan keunggulan waktu hingga empat detik atas peraih podium kedua, Maverick Vinales. Sementara di belakang pebalap tim Monster Yamaha itu, ada pebalap LCR Honda, Carl Crutchlow.

Marquez sempat mengawali lomba dengan start buruk. Juara dunia lima kali kelas MotoGP itu kalah gas dengan Fabio Quartararo yang langsung melaju ke posisi terdepan. Namun, Marquez membayar kesalahan itu dengan manuver di tikungan pertama.

Pebalap asal Spanyol itu langsung mengambil alih pimpinan lomba. Dominasi Marquez di sirkuit sepanjang 3,4 kilometer itu pun dimulai. Sempat mendapatkan perlawanan dari Vinales pada pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, di tiga lap awal balapan, Marquez mampu melebarkan jarak saat balapan memasuki lap kelima.

Bahkan, di lap kelima, pebalap berjuluk The Baby Alien itu sukses mencatatkan keunggulan 0,9 detik dari Rins, yang merebut posisi kedua dari Vinales pada lap kedua. Bahkan, saat lomba memasuki lap ke-15, Marquez mampu unggul lebh dari tiga detik dari Alex Rins, yang berada di posisi kedua dan unggul 1,1 detik dari Vinales.

Marquez kembali melebarkan jarak dari para pesaing-pesaingnya. Pasalnya, Rins terjatuh di tikungan ke-11 pada lap ke-19.

Selain itu, nasib sial juga dialami oleh Quartararo. Pebalap tim Petronas Yamaha tersebut terjatuh di tikungan ketiga pada lap kedua. Ini menjadi kecelakaan pertama Quartararo di kelas MotoGP.

Quartararo akhirnya kembali gagal mencatatkan kemenangan pertamanya di kelas MotoGP, setelah sempat finish kedua di seri kedelapan di GP Belanda, akhir pekan lalu.

Sementara itu, usaha Andrea Dovizioso untuk bisa finish di posisi terbaik guna bertahan dalam persaingan di papan klasemen sementara pebalap mendapatkan perlawangan sengit dari rekan setimnya, Danillo Petruci.

Dua pebalap tim Mission Minnow Ducati itu sempat berduel dengan sengit kala memperebutkan peringkat keempat pada lap ke-21. Akhirnya, Dovizioso harus puas finish di peringkat kelima, sementara Petrucci berada di posisi keempat.

Tidak hanya itu, pertarungan sengit juga terjadi antara Carl Crutchlow dengan Maverick Vinales dalam memperebutkan posisi kedua saat balapan menyisakan dua lap lagi. Namun, Vinales akhirnya bisa menungguli pebalap asal Inggris tersebut hingga akhir balapan.

Sementara di posisi terdepan, Marquez akhirnya bisa menutup balapan dengan keunggulan selisih waktu hingga mencapai 4,5 detik. Ini menjadi kemenangan ke-10 Marquez di Sirkuit Sachsenring secara beruntun di semua kelas.

Sementara di kelas MotoGP, ini menjadi kemenangan ketujuh The Baby Alien secara beruntun. Dengan kemenangan ini, Marquez pun kian menegaskan statusnya sebagai raja di Sachsenring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement