Senin 08 Jul 2019 02:35 WIB

Superioritas Marc Marquez di Sirkuit Sachsenring

Baby Alien mencatatkan kemenangan ke-10 di Sirkuit Sachsenring.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Citra Listya Rini
Marc Marquez
Foto: EPA-EFE/PAUL BUCK
Marc Marquez

REPUBLIKA.CO.ID, SAXONY    Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez terbukti masih begitu superior saat mengaspal di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Rider berusia 26 tahun itu menjadi yang tercepat di sesi balapan MotoGP Jerman pada seri kesembilan musim ini yang digelar di Sirkuit Sachsenring, Ahad (7/7) malam WIB. 

Kemenangan ini menjadi kemenangan ke-10 secara beruntun Marquez di Sirkuit Sachsenring pada semua kelas. Pembalap asal Spanyol itu mencatatkan waktu selama 41 menit 8,327 detik saat melahap 30 lap di Sirkuit Sachsenring. 

Marquez mencatatkan keunggulan waktu hingga empat detik atas peraih podium kedua, Maverick Vinales. Sementara di belakang pembalap tim Monster Yamaha itu, ada pmebalap LCR Honda, Carl Crutchlow, yang finis di posisi ketiga. 

Sebenarnya, Marquez mengawali lomba dengan begitu buruk. Juara dunia lima kali kelas MotoGP itu kalah start dengan Fabio Quartararo yang langsung melaju ke posisi terdepan. Namun, Marquez membayar kesalahan itu dengan manuver di tikungan pertama. Pembalap berusia 26 tahun itu langsung mengambil alih pimpinan lomba.

 

Dominasi Marquez di sirkuit sepanjang 3,4 kilometer itu pun segera dimulai. Sempat mendapatkan perlawanan dari Vinales pada pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, di tiga lap awal balapan, Marquez mampu melebarkan jarak saat balapan memasuki lap kelima. Bahkan, di lap kelima, pembalap berjuluk the Bayi Alien itu sukses mencatatkan keunggulan 0,9 detik dari Rins, yang merebut posisi kedua dari Vinales pada lap kedua.

photo
Marc Marquez

Bahkan, saat lomba memasuki lap ke-15, Marquez mampu unggul lebh dari tiga detik dari Rins, yang berada di posisi kedua dan unggul 1,1 detik dari Vinales. Marquez kembali melebarkan jarak dari para pesaing-pesaingnya. Pasalnya, Rins terjatuh di tikungan ke-11 pada lap ke-19. 

Selain itu, nasib sial juga dialami oleh Quartararo. Pembalap tim Petronas Yamaha tersebut terjatuh di tikungan ketiga pada lap kedua. Ini menjadi kecelakaan pertama Quartararo di kelas MotoGP. Quartararo akhirnya kembali gagal mencatatkan kemenangan pertamanya di kelas MotoGP, setelah sempat finish kedua di seri kedelapan di MotoGP Belanda akhir pekan lalu.

Sementara, usaha Andrea Dovizioso untuk bisa finis di posisi terbaik guna bertahan dalam persaingan di papan klasemen sementara pembalap mendapatkan perlawangan sengit dari rekan setimnya, Danillo Petrucci. Dua pembalap tim Mission Minnow Ducati itu sempat berduel dengan sengit kala memperebutkan peringkat keempat pada lap ke-21. Akhirnya, Dovizioso harus puas finish di peringkat kelima, sementara Petrucci berada di posisi keempat.

Tidak hanya itu, pertarungan sengit juga terjadi antara Crutchlow dengan Vinales dalam memperebutkan posisi kedua saat balapan menyisakan dua lap lagi. Namun, Vinales akhirnya bisa menungguli pebalap asal Inggris tersebut hingga akhir balapan. Sementara di posisi terdepan, Marquez akhirnya bisa menutup balapan dengan keunggulan selisih waktu hingga mencapai 4,5 detik.

Ini menjadi kemenangan ke-10 Marquez di Sirkuit Sachsenring secara beruntun di semua kelas. Sementara di kelas MotoGP, ini menjadi kemenangan ketujuh The Baby Alien secara beruntun. Dengan kemenangan ini, Marquez pun kian menegaskan statusnya sebagai raja di Sachsenring.

Kendati begitu, juara bertahan MotoGP itu mengakui, start-nya di pada balapan kali ini bukanlah yang terbaik. Namun, Marquez berani mengambil resiko dengan menarik pedal rem sedikit terlambat pada tikungan pertama. Keputusan ini akhirnya berbuah manis, dengan keberhasilan memimpin lomba.

photo
Marc Marquez

''Setelah itu, strategi saya adalah menghangatkan ban pada dua lap awal, kemudian langsung melesat. Strategi ini berjalan baik, dan saya bisa unggul hingga selesai balapan. Di akhir balapan, saya tinggal menikmati balapan saja,'' ujar Marquez seusai balapan.

Dengan kemenangan ini, Marquez pun kian menjauh dari kejaran pebalap Missino Minnow Ducati, Dovizioso, di papan klasemen sementara pebalap. Hingga MotoGP musim ini menuntaskan seri kesembilan, Marquez unggul 58 poin atas Dovizioso yang berada di peringkat kedua.

Marquez mengungkapkan, semua strategi timnya pada balapan kali ini berjalan dengan baik, terutama sejak sesi latihan bebas, Jumat (5/7). Marquez pun senang bisa menutup paruh pertama MotoGP musim ini dengan kemenangan dan berada di posisi teratas klasemen sementara pembalap.

Setelah seri kesembilan ini, MotoGP memang akan rehat selama satu bulan. Seri selanjutnya, GP Cheska, bakal digelar di Sirkuit Brno pada 4 Agustus mendatang. ''Pada balapan kali ini, kami sudah merasa cukup optimis sejak sesi latihan bebas. Saya sangat senang bisa memasuki masa liburan musim panas dengan kondisi seperti ini,'' kata Marquez. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement