Rabu 10 Jul 2019 06:45 WIB

Ini Segudang Trofi untuk Dani Alves

Alves mengoleksi total 40 trofi hingga saat ini untuk klub dan timnas Brasil.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Dani Alves
Foto: EPA/ALEJANDRO GARCIA
Dani Alves

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai seorang pesepak bola profesional suatu gelar tentu menjadi pencapaian tertinggi dalam kariernya, terlepas dari trofi individu pun kolektif. Itu juga harus dilengkapi dengan kualitas mumpuni yang diperlihatkan sang pemain ketika memperkuat tim yang ia bela.

Teranyar, ada satu nama pesepak bola modern yang sukses merengkuh banyak gelar juara. Di setiap tim yang diperkuat ia selalu mendapat tepat pertama dan menghasilkan titel. Menariknya, ia bukan sosok striker atau gelandang serang yang dapat menggaransi gol di setiap partai.

Baca Juga

Dengan posisi natural bek sayap kanan, Dani Alves selalu menjadi andalan baik saat membela timnas Brasil atau pun sejumlah klub yang pernah ia perkuat selama kariernya yakni Bahia, Sevilla, Barcelona, Juventus, dan Paris Saint-Germain (PSG).

Tak dimungkiri, momen-momen tersebut selalu dilewatinya dengan bermandikan trofi juara. Teranyar, ia sukses mengantarkan timnas Brasil mencaplok gelar Copa America 2019 yang telah lama dinanti Selecao sejak 2007 silam.

Menukil dari Sportbible, awal pekan ini, penggawa PSG itu menorehkan catatan spesial sebagai pesepak bola pertama yang mengoleksi total 40 trofi hingga saat ini. Pun, ia menyabet penghargaan individu sebagai pemain terbaik Copa Amerika. Itu tak lepas dari penampilan gemilangnya sepanjang hajatan tersebut.

Sementara itu, bagi pemain 36 tahun ini, trofi Copa Amerika merupakan yang kedua sepanjang kariernya atau gelar internasional keempat. Sebelumnya, ia telah mengoleksi titel Piala Konfederasi.

"Selamat untuk kami dan semua orang tim yang mendukung. Bermain dan memenangkan gelar bersama Brasil selalu sangat istimewa," demikian pernyataan Alves usai mengantarkan Selecao juara Copa America.

Banyak pundi-pundi gelar juara yang pernah disabet Alves membuatnya pantas untuk memiliki lemari trofi sendiri. Hal itu dibuka saat memperkuat Sevilla sebelum hijrah ke Barca pada musim panas 2008 silam.

Kiprah Alver bersama Los Azulgrana benar-benar pantas diabadikan. Ia sukses bergemilang gelar, mayoritas koleksi trofinya diraih saat berseragam Barca. Total, dia mengangkat 23 gelar selama delapan musim.

Pindah ke klub baru tak membuat Alves berhenti merasakan euforia sebagai kampiun. Berlabuh ke klub raksasa Serie A Italia Juventus pada 2006 Alves lagi-lagi menambah gelar ganda dalam semusim, sebelum akhirnya memutuskan merapat ke klub kaya Prancis, PSG.

Memperkuat Les Parisien Alves mengumpulkan enam trofi, termasuk dua gelar ganda dalam dua musim di Paris. Sang pemain kini berstatus bebas tansfer dan santer dikaitkan bakal mengakhiri kontraknya bersama PSG.

Akan tetapi, setiap yang hidup pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Satu trofi yang dinilai tak akan dimilikinya hingga akhirnya gantung sepatu adalah gelar Piala Dunia. Meski, masih memiliki fisik prima dan kecepatan dalam membelah lapangan via pinggir lapangan, lelaki kelahiran Juazerio Brasil itu tak akan bisa memperkuat Selecao di Piala Dunia 2022 mendatang.

Berikut perolehan gelar Dani Alves

Sevilla: 2 Piala UEFA, 1 Piala Super UEFA, 1 Copa del Rey, 1 Supercopa Spanyol

Barcelona: 6 La Liga, 4 Copa del Rey, 3 Liga Champions, 3 Piala Dunia Antarklub, 3 Piala Super Eropa

Juventus : 1 Scudetto Serie A, 1 Coppa Italia

Paris Saint-Germain : 2 Ligue 1 Prancis, 2 Trofi De Champions, 1 Coupe de La Ligue, 1 Coupe de France

Timnas Brasil : 2 Copa America, 2 Piala Konfederasi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement