Jumat 12 Jul 2019 09:56 WIB

Harga Gareth Bale dalam Bursa Transfer Anjlok

Harga Bale anjlok karena Real Madrid sangat ingin menjualnya.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Gareth Bale
Foto: EPA-EFE/Tamas Kovacs
Gareth Bale

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Harga pasaran Gareth Bale di bursa transfer turun drastis dalam setahun terakhir. Dikutip dari AS, Jumat (12/7), Transfermarkt mempublikasikan harga pemain Real Madrid itu saat ini sebesar 60 juta euro.

Bale sebelumnya menjadi dua pemain paling bernilai di skuat Los Blancos. Pemain asal Wales itu bergabung dengan empat pemain yang memiliki harga setara, yaitu Isco, Marco Asensio, Luka Jovic, Toni Kroos, dan Casemiro. Padahal, usai mencetak gol salto pada final Liga Champions ke gawang Liverpool dua musim lalu, harga pasaran Bale sebesar 90 juta euro pada Juni 2018.

Baca Juga

Penurunan drastis harga Bale ini juga dialami oleh rekan setim Bale di Bernabeu, Marcelo, yang harganya anjlok dari 60 juta ke 25 juta euro. Depresiasi harga Marcelo itu merupakan yang terbesar dalam 12 bulan terakhir. Secara keseluuhan, depresiasi harga Bale adalah yang terbesar kelima dalam daftar Transfermarkt yang terbaru.

Pemain lainnya yang mengalami penurunan harga terbesar selain Bale dan Marcelo adalah striker Atletico Madrid Diego Costa serta striker Manchester United Alexis Sanchez. Semua pemain itu sudah berusia 30 tahun, usia seorang pemain yang memang mengalami depresiasi harga, baik sebelum maupun saat musim kompetisi sudah berjalan.

Di samping usia, performa pemain juga menjadi faktor penting dalam kalkusasi Transfermarkt, walaupun itu tidak berlaku untuk Bale, meskipun pekan depan sudah berusia 30 tahun. Sejak kembalinya arsitek tim Zinedine Zidane ke El Real, waktu bermain Bale turun drastis menjadi 48 persen dari total pertandingan.

Bale bahkan tidak dimainkan dalam tiga pertandingan terakhir Madrid. Namun, yang mungkin membuat harga Bale anjlok adalah karena klub sangat ingin menjualnya. Sebab, Bale tidak masuk dalam rencana Zidane untuk musim depan. Semantara, mantan pemain Tottenham Hotspur itu enggan untuk hengkang dari Bernabeu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement