Selasa 16 Jul 2019 07:44 WIB

Starting Five NBA Sepanjang Masa Versi Erick Thohir

Setiap era selalu muncul pebasket-pebasket top di NBA.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
LeBron James
Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez
LeBron James

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perdebatan mengenai siapa pemain terhebat sepanjang masa di NBA selalu menarik menjadi bahan perbincangan. Ini pula yang menjadi pertanyaan Republika.co.id saat bersua Erick Thohir, pemilik klub basket Satria Muda Pertamina pada Senin (15/7). 

Pria yang juga menjadi anggota FIBA Central Board ini punya pilihan sendiri mengenai pebasket terbaik di tiap posisi. Akan tetapi, kata dia, sangat sulit hanya memilih satu pemain mengingat setiap era selalu muncul pebasket-pebasket top di NBA. 

Baca Juga

"Menurut saya pemain terbaik dunia harus memiliki keunikan. Kita harus juga mengetahui keunikannya, kekuatannya, dan keanehan dia apa," kata Erick.

Prinsip inilah yang menjadi dasar Erick memilih para pemain terbaik di tiap posisi. Sebagian besar pemain pilihan pria yang baru terpilih sebagai Member IOC ini, berasal dari era 1990-an.

"Kalau saya disuruh memilih lima pemain terbaik dalam satu tim, saya pilih keanehannya. Setiap posisi tersebut menurut saya, sudah pasti posisi point guard adalah Magic Johnson. Dia tingginya hampir dua meter tetapi mampu membawa bola dengan baik.” Jelasnya.

Untuk posisi shooting guard, Erick memilih Michael Jordan walaupun ia juga sangat menyukai Kobe Bryant. Pada posisi small forward, ia memilih LeBron Lames.

"Untuk power forward ada Charles Barkley. Pendek tidak sampai 2 meter namun bisa rebound, nembak, ambil bola. Sampai hari ini belum ada lagi pemain seperti dia, sayang tidak pernah juara.  Untuk Center saya senang Hakeem Olajuwon. Tidak begitu tinggi juga, namun pergerakannya luar biasa saat itu,” kata dia.

Kalau dipaksa memilih satu dari lima pemain di atas, Erick menjatuhkan pilihan kepada LeBron James. Ke depannya, kata dia, akan ada beberapa pemain yang menarik dengan kemampuannya yang menawan seperti Stephen Curry atau Giannis Antetokounmpo. 

"Giannis akan menjadi masa depan NBA. Namun pertanyaannya, bisa tidak dia menjadi juara? Sebab, banyak orang melupakan Charles Barkley karena dia tidak sempat juara," kata Erick.

Starting Five NBA Terbaik Sepanjang Masa versi Erick Thohir

Point guard: Magic Johnson

Shooting guard: Michael Jordan

Small forward: LeBron James

Power forward: Charles Barkley 

Center: Hakeem Olajuwon.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement