Kamis 18 Jul 2019 19:26 WIB

Menpora Buka ASEAN Schools Games 2019

Pembukaan event ini ditandai dengan pemukulan kok ke arah panggung.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Suasana upacara pembukaan ASEAN School Games 2019.
Foto: REPUBLIKA/Fitriyanto
Suasana upacara pembukaan ASEAN School Games 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menteri Permuda dan Olahraga (Menpora) secara resmi membuka ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Holy Stadium Terang Bangsa, Semarang, Kamis (18/7). Pembukaan event ini ditandai dengan pemukulan kok ke arah panggung. Pemukulan kok dilakukan bersama-sama dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Presiden ASEAN School Sport Council (ASSC) Datin Seri Paduka Hajah Romaizah Binti Haji Mohd Saleh.

Kemudian dilakukan penyalaan api di skuadron mini. Sebanyak 11 pembawa obor dipimpin atlet voli Semarang Bayu Aji memberikan obor kepada Menpora. Atlet yang beruntung menyalakan api di skuadron mini adalah Chantika Laviara Hanri yang juga atlet voli. 

Baca Juga

Cantika mengaku bangga diberi kesempatan menyalakan obor. "Baru sekali jadi pembawa obor, biasa saja tidak ada persiapan khusus," kata dia.

Dalam sambutannya, Imam menyampaikan terima kasih atas kepercayaan kepada Indonesia dalam menggelar ASG ke-11 ini. Kejuaraan ini, lanjut dia, sekaligus sebagai ajang menjaga solidaritas bangsa-bangsa di tingkat ASEAN maupun dunia.

Ia menambahkan siswa sekolah merupakan bagian dari generasi muda untuk membangun generasi yang lebih baik.

"Saya berharap para atlet bisa berkompetisi dengan hebat dan mendapat kenangan mania selama di Indonesia," katanya.

Upacara pembukaan berlangsung cukup meriah. Acara ini diisi hiburan oleh paduan suara Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, penyanyi Virzha, dan Kikan Cokelat.

Sekitar 1.600 atlet remaja dari 10 negara dipastikan hadir dalam ASG 2019. Kejuaraan tahunan ini akan mempertandingkan sembilan cabang olahraga.

Sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi mengukuhkan dan melepas kontingen Indonesia untuk ASG 2019. Kemenpora menargetkan Indonesia juara umum pada ASG 2019. Dalam ASG 2019 ini 10 negara ikut serta. 

Berikut negara dan jumlah atlet yang ikut ambil bagian.

Brunei Darussalam, 36 atlet

Kamboja, 35 atlet

Laos, 51 atlet

Malaysia, 167 atlet

Myanmar, 54 atlet

Filipina 184 atlet

Singapura 171 atlet

Thailand 163 atlet

Vietnam 72 atlet

Indonesia 178 atlet.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement