Senin 22 Jul 2019 10:33 WIB

Marquez Temukan Cara Hindari Terjatuh Saat Balapan

Marquez dikenal sebagai salah satu pembalap yang sering jatuh saat balapan.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Endro Yuwanto
Marc Marquez
Foto: EPA-EFE/Larry W Smith
Marc Marquez

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku telah menemukan cara agar terhindar dari terjatuh dan kecelakaan saat balapan. Cara tersebut ditemukannya karena ia tak ingin mengalami cedera yang dapat mengganggu performanya pada MotoGP musim ini.

"Anda perlu berkonsentrasi pada motor, jika Anda bisa melakukannya dengan baik, itu bisa membantu untuk menyelamatkan diri dari kecelakaan," ujar Marquez dikutip dari Crash, Senin (22/7).

Baca Juga

Marquez dikenal sebagai salah satu pembalap yang sering jatuh saat balapan. Bahkan di musim sebelumnya, ia terjatuh sebanyak 27 kali.

Namun musim ini, pembalap Repsol Honda itu baru terjatuh enam kali dan semuanya di lima seri pertama. Angka kecelakaan tersebut merupakan catatan terendahnya sejak musim 2014.

"Saya sudah merasakannya, dan itu terbukti saya makin jarang jatuh musim ini. Anda bisa hitung berapa aksi penyelamatan yang telah saya lakukan. Jadi, saya semakin jarang jatuh," ujar Marquez.

Pembalap asal Spanyol itu bahkan membenarkan pernyataan rider LCR Honda, Cal Crutchlow. Crutchlow mengatakan bahwa dirinya kini melihat Marquez mampu terhindar dari insiden terjatuh di lintasan, bahkan hingga enam kali kesempatan. "Saya melakukan penyelamatan tiga atau empat kali, dan ini yang Anda akan dapatkan jika mampu berkonsentrasi dengan baik di atas motor," ujar Marquez.

Musim ini, Marquez menunjukkan salah satu penampilan terbaiknya. Ia telah mengoleksi delapan podium dengan lima kemenangan. Pembalap asal Spanyol itu hanya sekali gagal finis usai terjatuh di seri MotoGP Austin, Texas.

Hingga paruh pertama musim 2019, Marquez berada di posisi pertama dengan 185 poin. Hasil dari lima kemenangan dan tiga kali runner-up.

Marquez mengungguli dua pembalap Ducati, Andrea Dovizioso yang baru meraih 127 poin serta Danilo Petrucci yang baru mengumpulkan 121 poin selama paruh pertama MotoGP musim 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement