Rabu 24 Jul 2019 20:39 WIB

Ronaldo Bobol Gawang Inter, Laga Lanjut Adu Penalti

Gol Ronaldo pada babak kedua membuat Juventus menahan imbang Inter Milan 1-1

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
 Cristiano Ronaldo
Foto: EPA-EFE/Wallace Woon
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, NANJING -- Cristiano Ronaldo menjadi penyelamat Juventus dari kekalahan saat meladeni Inter Milan pada laga International Champions Cup (ICC) 2019 di China. Gol Ronaldo pada babak kedua membuat Juventus menahan imbang Inter Milan 1-1 pada laga di Nanjing Olympic Sports Center Gymnasium, Rabu (24/7). Alhasil, laga harus dilanjutkan lewat adu penalti untuk menentukan pemenang.

Bianconeri kebobolan lewat gol bunuh diri pemain anyar Mathhijs De Ligt. De Ligt salah mengantisipasi arah bola sepak pojok. Ronaldo menyamakan skor pada babak kedua. Tendangan bebas kerasnya menjebol gawang Inter.

Praktis, kedua tim belum memetik kemenangan dalam serangkaian tur pramusim mereka kali ini. Sebelumnya, Juventus menyerah 2-3 dari Tottenham Hotspur dan La Beneamata kalah tipis 0-1 atas Manchester United (MU).

Usai laga ini Juventus bakal bertemu Atletico Madrid sementara Inter bersua runner-up Liga Champions musim lalu, Tottenham Hotspur.

Jalannya Laga

Bermain di Stadion Nanjing Olympic Sport Center, China, Rabu (24/7) malam WIB  Formasi 3-5-2 khas Antonio Conte bekerja lebih maksimal untuk Inter, setidaknya untuk babak pertama. Juventus yang mengusung formasi menyerang 4-3-3 justru lebih sering terancam.

Conte mendorong Ivan Perisic berduet dengan Sebastiano Esposito di lini depan Inter. Keduanya mendapatkan dukungan maksimal dari lini tengah. Meskipun ditekan sejak dari daerah pertahanan sendiri, para pemain Inter dengan tenang mengalirkan bola ke depan dan menghadirkan ancama dari kedua sayap.

Baru 10 menit laga berjalan, Inter sudah memimpin. Berawal dari tendangan sudut, di sisi kiri, Roberto Gagliardini berusaha menyambut bola. Si kulit bundar hanya sedikit berubah arah dan tak menuju ke dalam gawang. Akan tetapi sentuhan Gagliardini ini justru memberikan berkah untuk Inter. Pemain baru Juventus Matthijs de Ligt gagal mengantisipasi bola yang melintas di depan gawang sehingga mencetak gol bunuh diri. Skor 1-0 untuk Inter.

Gol ini menyengat sekuat Nyonya Tua. Mengandalkan Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain, dan Federico Bernardeschi, Juventus berupaya menekan. Tapi pertahanan berlapis Inter yang disiplin membuat Bianconeri kesulitan. Tusukan dari tengah melalui Miralem Pjanic dan Adrien Rabiot gampang dipatahkan. Upaya melepaskan umpan silang langsung ke depan gawang juga bisa dipatahkan lini belakang Inter.

Alhasil tak ada ancaman berarti yang diterima Nerazzurri hingga babak pertama berakhir. Juventus hanya melepaskan empat tendangan dengan dua mengarah ke gawang. Itu pun bukan sepakan yang membahayakan bagi kiper Samir Handanovic. Sementara Inter membuat 10 percobaan dengan dua di antaranya mengarah ke gawang.

Juventus sedikit unggul dalam penguasaan bola, yakni 52 persen, berbanding 48 persen di kubu Inter. Akan tetapi penguasaan bola ini menjadi tak berarti karena hanya berkutat di tengah tanpa menghadirkan ancaman menakutkan ke gawang Inter.

Sebaliknya Nerazzurri punya sejumlah kesempatan melalui lima sepak pojok, yang satu di antaranya berbuah gol. Juventus sama sekali tak mendapatkan tendangan sudut sepanjang babak pertama.

Pada babak kedua, pelatih Juventus Maurizio Sarri membuat perubahan. Tiga pemain dimasukkan sekaligus yakni Gianluigi Buffon menggantikan Wojciech Szczesny, Mario Mandzukic untuk Higuain, dan Merih Demiral menempati posisi De Ligt. Sementara Conte masih bertahan dengan komposisi starternya. Hanya kiper Handanovic yang digantikan Daniele Padelli.

Menyisir sisi kiri pertahanan Juventus Perisic mampu mengancam lini belakang Juve  pada menit ke-48. Sayang sepakan mendatarnya masih lemah dan mampu diantisipasi kiper Gianluigi Buffon.

Hingga menit ke-65 usaha Juve untuk merobek gawang Inter masih belum berujung positif. Meski tampil lebih tinggi dengan menekan lini tengah Inter hingga ke belakang, Nyonya Tua masih kesulitan mencetak gol.

Rabiot hampir saja menyamakan kedudukan untuk Juve setelah kerja samanya drngan Ronaldo dari tengah membuat bek Inter terkecoh. Sial, tendangan eks penggawa Paris Saint-Germain (PSG) masih mengarah ke tengah posisi kiper Daniele Padelli.

Meski ini merupakan pertandingan pramusim jalannya laga terasa begitu ketat hingga tak jarang beberapa pemain dari dua kesebelasan terlibat cekcok, dengan kapten Juve Leonardo Bonucci mendapat akumulasi kartu kuning karena terlihat melakukan protes keras kepada wasit.

Bianconeri sukses menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Ronaldo pada menit ke-68 dari sisi sebelah kanan gawang Inter. Kiper Padelli tak berkutik karena bola melambung akibat mengenai pagar hidup Inter 1-1.

Nerazzurri punya peluang untuk menggandakan kedudukan pada menit ke-72. Namun  serangan balik yang menyisakan dua bek tengah Juve gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Roberto Gagliardini. Hingga peluit panjang berbunyi skor imbang 1-1 tetap bertahan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement