Jumat 26 Jul 2019 11:03 WIB

Sebanyak 17 Pemain Mundur, Timnas AS Panggil 6 Pemain NBA

Pemain terakhir yang menyatakan mundur adalah Paul Millsap dan Kevin Love.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
logo nba
Foto: www.free-picture.net
logo nba

REPUBLIKA.CO.ID, COLORADO -- Pertandingan Piala Dunia FIBA belum dimulai, namun tim nasional (timnas) Amerika Serikat (AS) sudah mengalami ujian. Tak kurang sudah 17 pemain yang mengundurkan diri dengan alasan tersendiri. Pemain terakhir yang menyatakan mundur adalah Paul Millsap dan Kevin Love.

Untuk itu, timnas AS kembali memanggil sejumlah pemain untuk bergabung dalam kamp pelatihan dan akan diseleksi untuk mencari 12 pemain inti yang nanti akan dibawa ke China. AS mengikuti Piala Dunia FIBA yang akan dimulai 31 Agustus 2019.

Sebanyak enam pemain NBA yang dipanggil masuk timnas AS pada Kamis (25/7) adalah Jaylen Brown dan Marcus Smart (Boston Celtocs), Montrezl Harrell (LA Clippers), Mason Plumlee (Denver Nuggets), Julius Randle (New York Knicks), dan Thaddeus Young (Chicago Bulls). Semuanya akan menuju ke Las Vegas untuk kamp pelatihan yang dipimpin oleh pelatih baru AS Gregg Popovich mulai 5 Agustus.

Enam pemain itu akan bergabung dengan sejumlah pemain yang masih bertahan di timnas AS, yakni Kemba Walker dan Jayson Tatum (Boston Celtics), Kyle Lowry (Toronto Raptors), Khris Middleton dan Brook Lopez (Milwaukee Bucks), Harrison Barnes (Sacramento Kings), Andre Drummond (Detroit Pistons), Kyle Kuzma (LA Lakers), Donovan Mitchell (Utah Jazz), PJ Tucker (Houstan Rockets), dan Myles Turner (Indiana Pacers).

Kini, total pemain timnnas AS berjumlah 17 orang, dari jumlah itu hanya lima pemain, yakni Lowry, Walker, Drummond, Middleton, dan Lopez, yang merupakan pemain NBA All-Stars.

"Sejak USA Basketball memulai program tim nasional putra pada tahun 2006, kami telah memahami perlunya program ini dan pentingnya memiliki daftar tim nasional yang mendalam yang menampilkan pemain NBA muda dan veteran yang menonjol," kata Jerry Colangelo, direktur pelaksana timnas bola basket AS, dilansir dari laman ESPN, Jumat (26/7).

Adapun daftar pemain yang mundur dari timnas AS dalam pekan terakhir adalah Damian Lillard dan CJ McCollum dari Portland, James Harden dari Houston, dan Eric Gordon dari Washington, Bradley Beal dari Washington, Anthony Davis dari Lakers, Tobias Harris dari Philadelphia, Paul Millsap dari Denver, dan Kevin Love dari Cleveland.

Jauh sebelum gelombang pengunduran diri sejumlah pemain, superstar NBA yang sudah menyatakan tidak akan memperkuat timnas di Piala Dunia FIBA adalah LeBron James, Paul George, Russell Westbrook, Stephen Curry, dan Jimmy Butler. "Kami menantikan untuk mengekspose para pemain terpilih ke kompetisi Piala Dunia FIBA dan pengalaman luar biasa mewakili negaranya," kata Colangelo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement