Ahad 28 Jul 2019 17:31 WIB

Fan Juventus Kecewa Ronaldo tak Tampil di Korsel

K-League menyayangkan tak ada informasi sebelumnya baik dari Juve maupun agensi.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
 Cristiano Ronaldo
Foto: EPA-EFE/Wallace Woon
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Sebanyak 63 ribu fan di Seoul World Cup Stadium, Korsel, kecewa karena Cristiano Ronaldo tidak tampil dalam laga Juventus melawan K League All-Stars, Jumat (26/7) lalu. Pelatih Juve Marizio Sarri mengatakan, CR7, julukan Ronaldo, tidak bermain karena mengalami masalah pada ototnya.

Tapi K League menyayangkan tidak ada informasi sebelumnya baik dari Juve maupun agensi, TheFasta, bahwa Ronaldo tak akan main. Beberapa fan menyalahkan padatnya jadwal Juve. TheFasta mengatakan, Juventus memutuskan pergi dengan rencana satu hari sebelumnya. Juve bermain hanya tujuh jam setelah tiba di Korsel dari Nanjing. Itu pun Juve telat hadir karena pesawat telat dua jam dan juga terjebak macet di Seoul.

Baca Juga

Agensi pun telah memperingatkan beberapa kali soal jadwal yang padat. Agensi mengingatkan bahwa penerbangan dari China dapat tertunda dan meminta rombongan tiba di Korsel lebih awal. ''Tapi Juventus bilang ke kami bahwa mereka yakin dapat (tiba) sesuai jadwal,'' jelas TheFasta dikutip dari Koreaherald, Ahad (28/7).

Ketidakhadiran Ronaldo dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 3-3 itu pun berdampak pada masalah hukum. Sebab juara Serie A Liga Italia itu telah melanggar kesepakatan saat mencadangkan Ronaldo. Juve, lanjut TheFasta, telah sepakat untuk memainkan pemain internasional Portugal itu dengan porsi yang cukup dalam pertandingan. Maksudnya porsi substansi dari pertandingan adalah bahwa mantan pemain Real Madrid tersebut akan tampil paling tidak selama 45 menit.

CR7 dimaklumi tak tampil selama 45 menit hanya jika mengalami cedera saat pemanasan atau selama pertandingan. Pihak K League juga sadar akan klausul ini, dan mereka mengajukan protes keras kepada Juventus atas masalah ini.

Meskipun, Juve mengatakan kepada agensi bahwa mereka sadar akan perjanjian tersebut, tapi mereka menegaskan Ronaldo tidak dapat tampil karena kondisi fisik. ''Setelah melihat bahwa Ronaldo tidak masuk dalam daftar pemain yang masuk di babak kedua, kami minta Juventus memainkan Ronaldo sebagaimana tertulis di kontrak. Lalu kemudian Juve tidak merespons permintaan kami,'' jelas TheFasta.

Menanggapi kekecawaan fan tersebut, K League pun meminta maaf. Bahkan K League siap menagih kompensansi finansial atas keputusan Juventus tersebut.

''Kami dengan tulus meminta maaf kepada fan karena Ronaldo tidak main dalam pertandingan, walaupun dia kemudian diketahui mengalami masalah otot. Kami sangat berhati-hati untuk tidak mengecewakan fan K League,'' kata K League dalam sebuah pernyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement