Selasa 30 Jul 2019 04:04 WIB

Aksi Sebastian Vettel Buat Para Penggemar Bersorak

Mental juara Vettel dibuktikan dengan jadi runner-up meski start dari posisi buncit.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Sebastian Vettel
Foto: EPA-EFE/Yoan Valat
Sebastian Vettel

REPUBLIKA.CO.ID, HOCKENHEIM -- Seluruh tim Ferrari kecewa ketika mobil yang dikendarai Sebastian Vettel dan Charles Leclerc mengalami masalah saat sesi kualifikasi GP Jerman F1, Sabtu (27/7). Akibatnya, Vettel harus start dari posisi buncit pada saat balapan dan Leclerc dari posisi ke-10.

Hasil mengecewakan itu rasanya akan sulit bagi tim yang berjuluk Scuderia bisa meraih podium di Sirkuit Hockenheimring. Karena di saat bersamaan, rivalnya, Lewis Hamilton yang merebut pole position serta Valtteri Bottas finis pada posisi ketiga performanya sedang stabil.

Baca Juga

Tapi siapa sangka, Vettel berhasil menunjukkan jati dirinya sebagai salah satu pembalap kelas wahid di dunia. Mental juara Vettel dibuktikan dengan berhasil naik podium sebagai runner-up meskipun memulai balapan dari posisi buncit.

Keberhasilan Vettel naik podium juga tak lepas dari nasib sial yang dialami dua pembalap Mercedes, Hamilton dan Bottas yang mengalami crash. Hamilton pun merelakan ambisinya meraih kemenangan hattrick di Hockenheimring lepas karena finis pada posisi kesembilan. Sedangkan, Bottas gagal finis.

Vettel mengakui awalnya mustahil bisa mendapat podium mengingat posisi startnya dari belakang. Tetapi situasi berubah ketika di lintasan. Ia menyatakan, semuanya tentang bagaimana pembalap pandai bertahan.

Saat banyak pembalap mengalami crash, di situlah Vettel mulai berpikir bisa mencapai hasil baik di Jerman. Ia lalu berpikir bagaimana bisa bertahan di lintasan hingga akhir balapan. Menurut Vettel, dia hanya berpikir bagaimana bisa melewati pembalap lawan satu per satu.

"Saya tidak begitu bahagia di awal, meskipun lap pertama. Saya agak seperti, 'ayolah, Anda perlu membuat beberapa kemajuan di sini kalau tidak balapan akan terlepas di tangan saya',” kata Vettel mengungkapkan pikirannya saat balapan, dikutip dari Skysports, Senin (29/7).

Pembalap asli Jerman itu tak menampik penampilannya musim ini di Jerman lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Keberhasilan Vettel naik podium tak mengecewakan para penggemarnya. Itu adalah hadiah mengejutkan Vettel kepada para fan setelah sempat dibuat kecewa akibat hasil kualifikasi yang buruk.

Vettel tak bisa menyembunyikan kegembiraannya usai memastikan diri naik podium. Ia menggambarkan euforia penggemarnya melompat-lompat setelah mobilnya menyentuh garis finis di belakang pembalap Red Bull, Max Verstappen, yang memenangkan balapan.

"Itu adalah balapan yang panjang dengan banyak keputusan yang harus dibuat, tetapi secara keseluruhan saya sangat senang. Saya benar-benar bisa merasakan orang-orang ketika saya lewat, mereka melompat,” kata Vettel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement