Rabu 31 Jul 2019 00:49 WIB

Dalilah Muhammad Pecahkan Rekor Dunia Lari Rintangan

Dalilah memperkirakan rekornya tak bertahan lama seperti yang dipegang Pechonkina.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Dalilah Muhammad
Foto: EPA/IAN LANGSDON
Dalilah Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, Peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Dalilah Muhammad memecahkan rekor dunia lari rintangan 400 meter pada hari terakhir kejuaraan atletik nasional Amerika Serikat (AS) di Lowa, Ahad (28/7). Ia mencatatkan waktu 52,20 detik atau sepersepuluh detik lebih cepat dari rekor pelari Rusia, Yuliya Pechonkina, 52, 34 detik yang bertahan selama 16 tahun.

“Saya hanya terkejut,” kata Dalilah dikutip dari BBC, Senin (29/7).

Dalilah mengatakan, untuk mencapai catatan waktu tersebut sudah dipersiapkan pada setiap latihan. Kendati demikian, Dalilah memperkirakan rekornya tak akan bertahan lama seperti yang dipegang oleh Pechonkina. Menurutnya, catatan 52,20 detik tak lama lagi akan dipecahkan baik oleh dirinya sendiri atau pelari lain.

Di belakang Dalilah, Sydney McLaughlin menempati posisi kedua dengan catatan waktu 52,88 detik dan Ashley Spencer pada urutan ketiga dengan catatan 53,11 detik. Ketiga pelari tersebut lolos ke Kejuaraan Dunia di Doha September mendatang dan akan bergabung dengan juara dunia Kori Carter.

Dalilah Muhammad adalah atlet lintasan dan lapangan AS dengan spesialisasi rintangan 400 meter. Dia lahir pada 7 Februari 1990, di New York, AS. Selain medali emas Rio, dia juga meraih medali perak pada World Championship tahun 2013 dan 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement