Kamis 01 Aug 2019 05:05 WIB

Ini Segudang Teknologi Baru yang Mewarnai MotoGP 2019

Ducati menjadi pelopor dalam teknologi baru demi menyaingi Honda.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap asal Italia Andrea Dovizioso (kiri) dan Pembalap Danilo Petrucci dari Ducati Team saat beraksi dalam ajang MotoGP di Sirkuit Mugello
Foto: Claudio Giovannini/EPA
Pembalap asal Italia Andrea Dovizioso (kiri) dan Pembalap Danilo Petrucci dari Ducati Team saat beraksi dalam ajang MotoGP di Sirkuit Mugello

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MotoGP selalu menjadi ladang uji coba penting dari setiap pengembangan teknologi motor dengan pergantian suku cadang baru hingga performa mesin yang kian andal. Musim MotoGP 2019 pun tak ketinggalan dengan berbagai teknologi teranyarnya.

Rem dan jok belakang Ducati

Ducati menjadi pelopor dalam teknologi baru demi menyaingi Honda. Dalam pengujian musim dingin, Ducati mengenalkan sistem linkage radikal eksternal yang cukup memikat dari GP19. Ducati memamerkan rem belakang dan jok belakang baru pada uji coba di Jerez pada bulan November 2018.

Di Sepang, mesin Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci dilengkapi dengan 'perangkat holeshot' yang terlihat di antara penjepit rangkap tiga. Tujuannya untuk meminimalisasi ban depan terangkat saat start.

Swingarm Ducati

Kemudian muncul perangkat swingarm yang kontroversial. Spoiler swingarm ini pertama kali terlihat pada tes Qatar. Fungsi dari swingarm ini untuk mengurangi suhu ban belakang. Kehadiran perangkat yang digunakan oleh Dovizioso, Petrucci, dan Jack Miller itu pun sempat diprotes oleh tim lain karena dianggap ilegal. Tapi saat dinyatakan legal oleh race direction, Honda dan Aprilia menguji perangkat serupa di Austin, serta Yamaha yang memperkenalkannya di Jerez.

Tanki dan jok baru Honda

Kesulitan Jorge Lorenzo di atas Honda RC213V menyebabkan para insinyur HRC menciptakan berbagai bentuk tangki bahan bakar, yang bertujuan untuk membuat the Majorcan merasa lebih nyaman dengan motornya, terutama di area pengereman. Honda pun akhirnya membuatkan tanki bensin unik dan unit tempat duduk untuk pembalap dengan nomor #99 tersebut. Masing-masing memiliki dukungan eksternal yang berbeda, sebuah fitur yang juga terlihat pada Ducati GP19.

KTM dengan swingarm karbon baru

Saat semua motor Honda 2019 menampilkan swingarm karbon, KTM tidak mau kalah dengan membuat swingarm versi sendiri untuk Pol Espargaro di Prancis. Hasilnya cukup terasa, ketika Espargaro naik ke posisi keenam secara mengejutkan, hanya enam detik dari pemenang balapang, Marc Marquez.

Motor KTM RC16 dengan perangkat swingarm karbon dirasakan lebih nyaman dan kompetitif saat balap. ''Swingarm (dari karbon) memberikan sesuatu yang saya butuhkan, terutama saat traksi aspal menurun,'' kata Espargaro dikutip dari Crash, Rabu (31/7).

Knalpot baru Valentino Rossi

Yamaha dan Suzuki dinilai melakukan pengembangan konservatif sepanjang tahun. Valentino Rossi mengambil sampel knalpot baru yang bertujuan mengurangi kehilangan kecepatan tertinggi pada Yamaha M1 di Barcelona.

Sasis dan swingarm baru Suzuki

Alex Rins mencoba sasis baru pada pengujian pasca-balapan di Montmelo dan perangkat swingarm, walaupun langsung patah saat baru dipasang. Sasis baru tersebut membawa hasil positif berupa perasaan yang lebih baik saat pengereman meski catatan waktunya kemudian dilewati Maverick Vinales. ''Saya melihat banyak poin positif dari sasis hasil modifikasi ini, tetapi juga ada beberapa hal yang masih harus ditingkatkan,'' kata Rins.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement