Senin 05 Aug 2019 23:02 WIB

Verstappen Akui Posisi Runner-up Hasil Maksimal di Hungaria

Verstappen cukup membuat kejutan di akhir pekan usai meraih pole position pertamanya.

Pembalap Red Bull, Max Verstappen.
Foto: EPA/Valdrin Xhemaj
Pembalap Red Bull, Max Verstappen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Max Verstappen mengaku finis runner-up adalah hasil maksimal yang bisa ia raih bersama Red Bull di GP Hungaria. Walaupun, ia menerapkan strategi yang sama dengan pembalap Mercedes Lewis Hamilton.

Verstappen, yang meraih pole position perdana sepanjang kariernya itu, memimpin hampir sebagian besar balapan di Sirkuit Hungaroring, Ahad (4/8), sebelum akhirnya harus mengakui kecepatan Mercedes di empat lap terakhir.

Baca Juga

"Dia jelas lebih cepat dari kami dan saya cukup kewalahan dengan daya cengkeram ban setelah beberapa lap," ujar sang pembalap asal Belanda seperti dikutip laman resmi F1, Senin (5/8). "Hanya saja ini bukan hari kami ketika kecepatan dibandingkan dengan milik Lewis, tapi dibandingkan dengan yang lain kami masih lebih cepat secara keseluruhan."

Setelah gagal menyalip Verstappen, Hamilton masuk ke pit untuk mengganti ban medium di lap ke-48 dan terbukti strateginya berjalan baik. Di empat lap terakhir, ia mampu mengejar ketertinggalan sekitar 20 detik untuk merebut gelar juara dari sang pembalap Red Bull.

Verstappen mengatakan bahwa Hamilton berada di posisi yang tak terancam jika melakukan pitstop, sementara Red Bull memutuskan untuk menarik pembalapnya ke pit setelah disalip Mercedes untuk berganti ban soft demi merebut poin tambahan dari waktu putaran tercepat di balapan.

"Hari ini kami tak memiliki laju yang dimiliki Mercedes dan posisi kedua dengan waktu putaran tercepat adalah hasil maksimal yang bisa kami raih," kata Verstappen.

Ketika ditanya apakah bisa menang menggunakan ban medium seperti strategi Mercedes, Verstappen menjawab tidak. "Tidak, karena jika saya melakukan dua stop, (Hamilton) tetap berada di depan karena mereka memiliki laju yang lebih tinggi, jadi satu-satunya yang bisa dilakukan adalah mencoba dan menahannya di belakang dengan ban yang sama."

Verstappen cukup membuat kejutan di akhir pekan setelah meraih pole position pertama sepanjang kariernya. Ia menjadi pembalap ke-100 di F1 yang pernah meraih pole, juga pembalap termuda keempat yang melakukannya.

Verstappen kini di peringkat tiga klasemen menempel Valtteri Bottas dari Mercedes dengan selisih tujuh poin dan selisih 69 poin dari pemuncak klasemen, Hamilton, dengan sembilan balapan tersisa musim ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement