Sabtu 10 Aug 2019 11:22 WIB

Timnas Basket AS Krisis Pemain Bintang

Beberapa pemain bintang Amerika Serikat mengundurkan diri dari skuat timnas.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Didi Purwadi
Pelatih timnas basket AS, Gregg Popovich.
Foto: EPA-EFE/Jason Szenes
Pelatih timnas basket AS, Gregg Popovich.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Tim nasional basket Amerika Serikat tengah dilanda krisis pemain setelah beberapa pemain bintangnya mengundurkan diri. Mereka antara lain James Harden dari Houston Rockets, Damian Liliard dari Portlaind Trail Blazers, Anthony Davis dari Los Angeles Lakers dan Bradley Beal dari Washington Wizards.

Timnas basket Amerika Serikat mulai melakukan persiapan menuju Piala Dunia 2019 yang akan berlangsung di Cina dari 31 Agustus-15 September. Sebanyak 20 pemain diumumkan pada Juni lalu untuk mengikuti pemusatan latihan di Las Vegas, pada 5-9 Agustus.

Krisis ini membuat pelatih timnas Amerika Serikat, Gregg Popovich, harus memutar otak mencari pengganti mereka dengan cepat dan tepat. Pasalnya, Piala Dunia yang tinggal menghitung hari tak punya waktu banyak bagi pelatih untuk melakukan seleksi. Krisis ini juga menganggu tim dalam upaya mempertahankan gelar.

TAK TERGANGGU

Direktur Pelaksana Timnas AS, Jerry Colangelo, menepis anggapan orang bahwa tim basket AS mengalami krisis setelah beberapa pemain bintang mengundurkan diri. Dia juga memastikan persiapan tim menunju Piala Dunia tak terganggu.

“Saya lakukan. Saya sudah mengatakan bahwa kita akan baik-baik saja dan maksud saya sebenarnya adalah bahwa kita diberkati dengan banyak kedalaman di Bola Basket AS,” ujar Colangelo dikutip dari usab.

Dia menegaskan semua pemain yang ada, ingin bermain untuk timnas. Dia juga memastikan pemain yang ada saat ini bukan pemain dengan level bawah. Antusiasme mereka untuk memberikan yang terbaik untuk negaranya merupakan hal yang positif.

Suasana pemusatan latihan pada hari pertama dinilai berlangsung baik. Beberapa pemain bertalenta menunjukkan kemampuan pada latihan. Itu membuat pelatih memiliki banyak opsi memilih pemain di lapangan.

Kepala pelatih tim, Gregg Popovich, juga tak mau memikirkan pemain yang mengundurkan diri. Dia mengklain timnya tak terganggu atas situasi tersebut. Menurutnya, latihan berjalan dengan baik dan penuh semangat.

“Saya hanya peduli tentang siapa yang ada di sini. Saya punya sekelompok orang baik-baik saja dan kami akan mencoba dan membuat mereka membentuk tim sebaik mungkin yang kami bisa,” kata Popovich.

ALASAN MUNDUR

Penulis senior ESPN, Brian Windhorst, pada Senin (5/8) membuat analisa tentang mundurnya beberapa pemain bintang tersebut. Dia mengatakan pengunduran diri para pemain terjadi sejak awal nama-nama pemain diumumkan dengan berbagai faktor. Salah satunya karena cedera seperti yang dialami oleh Kevin Durant dan Klay Thompson.

Menurut Windhorst, di era sekarang pemain berpandangan bahwa pemulihan cedera dan istirahat maksimal lebih dipilih dibandingkan bermain ekstra. Oleh karena itu, mendapatkan banyak kesempatan bermain baik di klub maupun timnas saat kondisi fisik bermasalah kurang diminati.

Alasan lainnya, jadwal kejuaraan bola basket internasional yang bergantian pada musim panas ini yaitu Piala Dunia dan Olimpiade turut menjadi alasan banyak pemain yang mengundurkan diri. Kemudian NBA yang dimulai lebih awal sementara jadwal Piala Dunia yang panjang juga menjadi faktor lain.

“Keempat, NBA akan mengirim enam tim ke Asia Oktober ini untuk pertandingan eksibisi, dan itu akan mengharuskan sejumlah pemain, termasuk Harden dan Davis, untuk pergi dua kali dalam hitungan minggu,” tulis Windhorst.

PREDIKSI TIM

Oleh sebab itu, Windhorst lalu membuat sebuaH pertanyaan kecil tentang siapa nantinya yang akan bermain di timnas Amerika Serikat di Cina. Dia berpandangan, Kembar Walker dan Kyle Lowry bisa menjadi andalan Amerika dengan asumsi Lowry bisa segera pulih dari operasi ibu jari bulan lalu.

Pemain sayap veteran, Harrison Barnes dan Donovan Mitchell diprediksi akan memberikan kontribusi besar kepada timnas. Selain itu ada naman Jayson Tatum dan Jaylen Brown serta Marcus Smart. Namun semua itu tergantung kepada keputusan Popovich sebagai orang yang punya kuasa di tim.

Windhorst menambahkan pemain veteran lainnya, Brook Lopez dan P.J Tucker bisa mendapatkan pertimbangkan Popovich untuk menjadi pilihan. Myles Turner dengan keterampilannya yang ideal bermain di level Internasional bisa dimasukkan.

“Kyle Kuzma, Thaddeus Young, Mason Plumlee dan Bam Adebayo yang baru saja ditambahkan mungkin akan bersaing untuk satu atau dua slot,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement