Sabtu 10 Aug 2019 14:45 WIB

Stephanie Jadi Wasit Wanita Pertama di Piala Super Eropa

Sephanie Frappert masuk grup wasit Ligue 1 secara permanen musim 2019/2020.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Stephanie Frappart
Foto: EPA/CHRISTOPHE PETIT TESSON
Stephanie Frappart

REPUBLIKA.CO.ID, Laga Piala Super Eropa 2019 antara peraih Liga Champions, Liverpool, versus pemenang Liga Europa, Chelsea, pada 14 Agustus nanti di Istanbul, Turki, akan menjadi hal bersejarah bagi Stephanie Frappart. Pasalnya, ia akan menjadi wanita pertama yang menjadi wasit dalam pertandingan tersebut.

Presiden Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA), Aleksander Ceferin mengungkapkan, Frappart senang atas pengangkatannya itu. Ceferin juga senang atas terpilihnya wasit final Piala Dunia Wanita di Lyon Juli lalu.

"Saya telah mengatakan dalam banyak kesempatan bahwa potensi sepak bola wanita tidak memiliki batas dan saya senang Stephanie Frappart telah ditunjuk untuk memimpin di Piala Super UEFA tahun ini," ujar Ceferin dikutip dari BBC, tengah pekan ini.

Frappert akan dibantu oleh asisten wasit Manuela Nicolosi (Prancis) dan Michelle O’Neal (Republik Irlandia) dan Cunneyt Cakir (Turki). Organisasi, kata Ceferin, akan menempatkan posisi paling penting kepada Frappert untuk pengembangan sepak bola wanita.

Ceferin berharap keterampilan dan pengabdian Frappert sepanjang kariernya bisa memberikan inspirasi jutaan wanita di seluruh Eropa. Selain itu, terpilihnya Frappert sebagai wasit Piala Super Eropa untuk menunjukkan bahwa tidak ada hambatan bagi wanitia mencapai impiannya.

Frappert menciptakan sejarah di level domestik pada bulan April dengan menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Ligue 1 Prancis, sebelum ia dipromosikan bergabung ke dalam grup wasit Ligue 1 secara permanen musim 2019/2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement