Ahad 11 Aug 2019 00:48 WIB

Empat Insiden VAR Warnai Kemenangan City Atas West Ham

City berpesta gol ke gawang West Ham di pertandingan perdana mereka.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan
Winger Manchester City Raheem Sterling (kiri) mencetak gol ke gawang West Ham United yang dijaga Lukasz Fabianski.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Winger Manchester City Raheem Sterling (kiri) mencetak gol ke gawang West Ham United yang dijaga Lukasz Fabianski.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manchester City mengawali Liga Primer Inggris musim 2019/ 2020 dengan berpesta gol ke gawang West Ham United. Bertandang ke Stadion Olimpiade London, City mempermalukan the Hammers dengan skor 5-0 di hadapan pendukungnya sendiri.

Namun, kemenangan tersebut diwarnai oleh empat insiden VAR (video assistance referee). Teknologi VAR sendiri baru diterapkan di Liga Inggris musim ini. Berikut empat insiden yang melibatkan VAR dalam laga Man City vs West Ham :

Baca Juga

Menit 54 -Dalam posisi 2-0, Raheem Sterling menerima bola dari David Silva untuk menjebol gawang tuan rumah. Namun gol tersebut dianulir wasit, setelah VAR menunjukan Sterling berada di posisi offside yang sangat tipis.

Menit 75 -Dalam posisi 2-0, lagi-lagi Sterling membuat wasit menengok VAR. Sterling mampu menaklukan Fabianski setelah menerima umpan dari Ryad Mahrez. Setelah dicek dengan teknologi garis 3D, menunjukan bahwa posisi Sterling onside. Sehingga gol tetap diakui wasit.

Menit 82 -Dalam posisi 3-0, City dihadiahi penalty oleh wasit, saat Diop melanggar Mahrez, Sergio Aguero yang menjadi algojo gagal menjebol gawang setelah Fabianski memblok tendangannya. Namuna, VAR memerintahkan agar Aguero menendang ulang, karena Declan Rice melanggar batas kotak penalti. Rice melewati garis terlebih dahulu sebelum Fabianski melakukan penyelamatan. Aguero pun berhasil dalam percobaan keduanya untuk membuat skor menjadi 4-0.

Menit 90 -Setelah VAR melakukan ulasan cepat, membuat wasit memberikan tambahan waktu selama lima menit. Angka yang adil setelah proses lima gol dan lima pergantian pemain.

Sterling pun dalam akun twiter resminya sempat bercanda sambil menyindir wasit. ''Kawan, kenapa VAR ini seperti sangat marah kepada saya. Tetap senang dengan tiga gol dan terlebih lagi dengan kemenangan dalam mengawali musim,'' ucap Sterling.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement