Ahad 11 Aug 2019 23:22 WIB

Dovizioso Ungkap Strategi Salip Marquez di Lap Terakhir

Dovizioso memenangkan balapan GP Austria lewat duel ketat dengan Marc Marquez.

Andrea Dovizioso
Foto: EPA-EFE/Eddy Lemaistre
Andrea Dovizioso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Andrea Dovizioso (Ducati) mengungkapkan kunci kemenangannya dalam duel klasik dengan sang rival asal Spanyol, Marc Marquez (Repsol Honda) di GP Austria, Red Bull Ring, Spielberg, Ahad (11/8). Pembalap asal Italia itu bertarung ketat dengan Marquez dari start dan sepanjang balapan sebanyak 28 putaran itu hingga akhirnya Dovizioso mencuri kemenangan di tikungan terakhir jelang finis.

"Saya mempunyai kesempatan untuk bertarung hingga tikungan terakhir karena dia tak memiliki grip yang sama dengan saya di bagian kanan. Di pengereman dia lebih baik tapi dengan daya cengkeram itu saya bisa menempel dia dan membuat hal gila di tikungan terakhir itu," kata Dovi seperti dilansir laman resmi MotoGP.

Balapan berlangsung ketat dari start ketika Dovi, yang start dari posisi ketiga, langsung melesat setelah tikungan pertama untuk memimpin lomba namun melebar bersama Marquez di tikungan selanjutnya hingga Fabio Quartararo dan Alex Rins melesat di depan. Di lap keenam, Quartararo harus mengakui keunggulan tenaga mesin Desmosedici dan kehilangan posisinya di lintasan lurus. Tak lama kemudian, Marquez juga menyalip pebalap asal Prancis itu untuk menguntit Dovi di P2.

Marquez menyalip Dovi pada lap kesembilan dan menjaga jarak sekitar 0,2 detik di depan pembalap asal Italia itu hingga lap ke-20 sebelum Dovi memanfaatkan surplus tenaga kuda motornya di lintasan lurus utama untuk kembali memimpin lomba. Di tiga lap terakhir, Marquez melancarkan serangannya dan terlibat salip-menyalip dengan rivalnya.

Dovi yang lebih cepat di sektor ketiga dan keempat mengambil kesempatan di lintasan lurus utama, namun Marquez lebih gesit di tikungan pertama dan memimpin lap terakhir. Lap ke-28 menjadi kesempatan terakhir Dovi dan tak lama setelah itu di tikungan terakhir Dovi memiliki celah untuk menyalip Marquez hingga melintas garis finis pertama kali.

"Saya sama sekali tak mempersiapkan itu karena aku tak terlalu sempurna di tikungan sembilan, tikungan sebelumnya dan aku tiba di dalam."

"Lalu aku putuskan jika aku melebar aku akan finis kedua, tak masalah. Tapi aku mengerem motor dengan benar dan sangat senang untuk Ducati karena kami memerlukan kemenangan ini saat ini yang akan memberikan kami semangat ke depan," kata Dovi.

Dovi kini terpaut 58 poin dari Marquez yang masih kokoh di puncak klasemen pembalap. Sementara, Marquez mengaku menikmati balapan tersebut walau pun sempat bersenggolan di tikungan terakhir.

"Tapi inilah balapan. Saya menyukainya," kata Marquez.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement