Senin 12 Aug 2019 17:44 WIB

Gol Telat Antar Timnas Indonesia U-18 ke Semifinal Piala AFF

Indonesia di puncak klasemen Grup A dengan mencetak 12 poin hasil dari tiga laga.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Timnas U-18 Fakhri Husaini (tengah) memberikan arahan kepada pemainnya saat latihan di Lapangan Becamex Binh Duong, Vietnam, Jumat (9/8/2019).
Foto: Antara/Yusran Uccang
Pelatih Timnas U-18 Fakhri Husaini (tengah) memberikan arahan kepada pemainnya saat latihan di Lapangan Becamex Binh Duong, Vietnam, Jumat (9/8/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, HO CHI MINH CITY -- Tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia U-18 melenggang ke semifinal Piala AFF U-18 setelah mengalahkan 2-1 atas Laos di Stadion Thong Nat, Ho Chi Minh City, Vietnam, Senin (12/8). Bagus Kahfi dan gol bunuh diri bek Laos menjadikan Indonesia berada di puncak klasemen Grup A dengan mencetak 12 poin melalui tiga kemenangan dan 18 gol.

Di posisi kedua grup, dihuni Myanmar (sementara) dengan sembilan poin dengan delapan gol. Laos di urutan ketiga dengan enam poin, Timor-Leste (sementara) dengan tiga poin, dan Brunei Darussalam serta Filipina (sementara) belum mencetak poin di klasemen.

Baca Juga

Indonesia yang diarsiteki Fakhri Husaini bermain menyerang sejak awal. Namun justru menerima ancaman lebih dulu dari lawan.

Laos memiliki peluang berbahaya setelah tendangan bebas yang dilepaskan oleh Wenpaseth memantul tanah berhasil diblok oleh kiper Indonesia Ernando. Bola liar berusaha disambut pemain Laos lainnya dan hampir berbuah gol namun Ernando dengan sigap mengamankan gawangnya.

Skuat Garuda memperoleh peluang pertama dari kaki Supriadi yang memberikan umpan terobosan kepada Zico. Namun kiper Solasak Thilavong lebih cepat keluar gawangnya untuk menghalau bola.

Menit ke-27, Supriadi kembali merangsek di sisi kiri kemudian melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti Laos. Bagus Kaffi yang menyambar bola lebih dulu namun bola dihalau kiper Solasak.

Indonesia kembali membangun serangan ke pertahanan Laos. Kali ini giliran David Maulana memberikan umpan jarak jauh dari tengah ke dalam kotak penalti lawan. Namun bola gagal dijangkau oleh Bagus Kaffi.

Beberapa detik setelah wasit meniup peluit, Indonesia langsung menggebrak pertahanan Laos. Bagus Kaffi mencoba melepaskan tembakan keras, namun bola masih melambung di atas mistar gawang lawan.

Di babak kedua, peluang berbalik lebih banyak didapatkan oleh Indonesia. Tendangan bebas yang dilepaskan oleh Beckham Putra mengarah ke gawang Laos, namun Solasak berhasil menangkap bola dengan baik.

Beberapa menit kemudian, Beckham memberikan umpan terobosan pada Bagus di depan yang langsung berhadapan satu lawan satu dengan Solasak. Meski demikian, sontekan Bagus masih terlalu lemah dan bisa diblok lini pertahanan Laos.

Di menit ke-65 sempat terjadi kemelut di depan gawang Laos. Bagus Kaffi berusaha untuk melepaskan tembakan namun gagal, bola liar kemudian disambar oleh Zico tetapi bola melambung di atas mistar gawang Laos.

Gawang timnas justru bergetar lebih dulu. Di menit ke-69, Bounmy Pinkeo memberi operan matang yang Alounnay lounlasy menggocek bek Indonesia dan membuka keran gol untuk Laos.

Namun pada menit 71, Bagus kahfi mendapat operan dari Sutan Zico. Sama seperti gol Laos, ia menggocek satu bek dan mencari ruang kemudian menendang datar tepat sasaran.

Di menit ke-81, David Maulana kembali mendapat kesempatan melalui tendangan bebas jarak dekat. Tetapi, tendangan yang tepat ssaran dengan mudah diselamatkan kiper Laos.

Indonesia semakin gencar menyerang di pengujung babak kedua. Di menit ke-92, gol bunuh diri bek Laos membuat Indonesia mengakhiri laga dengan hasil maksimal.

Susunan Pemain:

Indonesia:

Ernando (GK), Salman, Dewangga, Rizky Ridho, Bagas Kaffa, Brylian, David Maulana, Braif Fatari, Bagus Kahfi, Zico, M. Spuriadi

Laos:

Solasak Thilanong (GK), Khamsanga, Anoulack, Tanouthong, Phommavong, Thorannin, Chony, Bounmy Pinkeo, Channichon, Phouaneng, Lounlasy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement