Kamis 15 Aug 2019 20:52 WIB

Tekuk Tira Persikabo, Bali United Kudeta Puncak Klasemen

Rekor tak terkalahkan Tira Persikabo dipatahkan Bali United.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Tira Persikabo Andy Setyo Nugroho (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Bali United Stefano Lilipaly (kiri) dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019).
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Pesepak bola Tira Persikabo Andy Setyo Nugroho (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Bali United Stefano Lilipaly (kiri) dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duel tim papan atas klasemen antara PS Tira Persikabo melawan Bali United pada pekan ke-14 Liga 1 2019 di Stadion Pekansari, Bogor, Kamis (15/8) malam WIB berlangsung ketat. Skor akhir 2-1 bagi Bali United membuat Stefano Lilipaly dkk menjadi pemuncak klasemen sementara menggeser PS Tira.

Laga ini sekaligus menjadi kekalahan pertama yang diderita Tira Persikabo musim ini. Gol pertama Bali United terjadi pada menit ke-11. Berawal dari umpan terobosan kepada Melvin Platje yang berada di sisi kiri serangan, kemudian melakukan cut back ke muka gawang dan disambut oleh Stefano Lilipaly dan mengakhirinya dengan tembakan menyusur tanah ke arah gawang.

Baca Juga

Bola pun berhasil merobek gawang yang dijaga Angga Saputro. Bali United unggul sementara 1-0 atas tuan rumah hingga babak pertama usai.

Strategi permainan Tira Persikabo tampak berbeda di babak kedua. Ciro Alves yang di babak pertama lebih banyak menunggu datangnya bola kini ikut berlari mencari ruang untuk menekan pertahanan Bali United. Namun peluang justru didapat oleh Bali United pada menit ke-50. Serangan yang dibangun membuat Paulo Sergio mendapat peluang. Namun, sepakan Paulo Sergio masih membentur tiang gawang dan bola rebound yang dieksekusi Melvin Paltje pun melebar ke atas mistar gawang.

Ciro Alves berkali-kali berhasil mengacak-acak pertahanan Bali United, namun upaya tersebut masih belum membuahkan gol bagi Tira Persikabo. Di samping gelombang serangan yang dilancarkan Tira Persikabo, Bali United justru berhasil memanfaatkan serangan balik untuk memberikan serangan efektif yang membahayakan gawang Angga Saputro. Beruntung bagi Tira, tidak ada gol tambahan yang diciptakan oleh Bali United.

Peluang emas didapatkan oleh Tira Persikabo di menit ke-65. Namun, Loris Arnaud gagal mengkonversi umpan dari Ciro Alves di mulut gawang Wawan Hendrawan. Sebaliknya, Bali United memberikan serangan balasan saat Paulo Sergio memiliki ruang untuk melepaskan tembakan langsung ke gawang. Namun, Angga berhasil menepis bola keluar lapangan.

Tira Persikabo akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-74. Berawal dari umpan terobosan menuju Abduh Lestaluhu di sisi kanan pertahanan Bali United. Abduh yang sedikit terpeleset saat hendak melepaskan umpan ke tengah gawang justru berhasil mengecoh Wawan Hendrawan dan bola pun melesat masuk ke gawang Bali United. Skor imbang 1-1 bagi kedua tim.

Skor imbang tak bertahan lama, Stefano Lilipaly berhasil memanfaatkan umpan jauh yang ia terima di sisi kanan serangan. Tembakan keras langsung ia lepaskan ke gawang dan gagal dihalau oleh Angga. Gol kedua bagi Bali United.

Di waktu tersisa, Bali United terus menggempur pertahanan Tira Persikabo. Paulo Sergio hampir mencetak gol selanjutnya bagi Bali United, namun bola masih membentur tiang gawang yang dijaga Angga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement