Senin 02 Sep 2019 21:10 WIB

Jill Ellis Lepaskan Jabatan Sebagai Pelatih AS

Ellis telah memberikan dua gelar Piala Dunia Wanita yaitu pada 2015 dan 2019.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Jill Ellis pelatih sepakbola wanita terbaik 2015
Jill Ellis pelatih sepakbola wanita terbaik 2015

REPUBLIKA.CO.ID, Jill Ellis mengumumkan akan melepas jabatannya sebagai pelatih timnas sepak bola wanita Amerika Serikat (AS) pada awal Oktober mendatang. Ellis telah memberikan dua gelar Piala Dunia Wanita yaitu pada 2015 dan 2019. Ini adalah prestasi luar biasa bagi Ellis karena menjadi pelatih pertama yang memenangkan dua gelar. 

"Kesempatan untuk melatih tim ini dan bekerja dengan para wanita luar biasa ini telah menjadi kehormatan seumur hidup," kata Ellis dalam sebuah pernyataannya, dilansir dari laman resmi FIFA, pekan lalu.

Ellis memuji para pemainnya atas komitmen dan semangatnya karena bermain tidak hanya untuk memenangkan kejuaraan. Tetapi penggawa AS juga mempunyai semangat mengangkat sepak bola wanita secara global serta menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya.

Selain itu, Ellis juga berterima kasih kepada staf pelatih serta Federasi Sepak Bola AS atas kepercayaannya dipilih sebagai pelatih sejak Mei 2014. Di Prancis, Ellis sukses membawa timnas AS bermain garang dengan menyapu bersih tujuh pertandingan. Bahkan, lima tim top Eropa berhasil dikalahkan, yaitu Swedia, Spanyol, Prancis, Inggris, dan Belanda.

Meski akan melepas jabatannya sebagai pelatih, Ellis tak lari dari dunia si kulit bundar. Ia akan menjadi duta besar sepak bola AS. Federasi pun menyatakan telah berutang budi kepada Ellis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement