Senin 02 Sep 2019 21:50 WIB

Batu Loncatan Egy Maulana Vikri Lewat Gol Debut

Egy mencetak gol itu kala memperkuat Lechia Gdansk II kontra Wiked Luzino.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Egy Maulana Vikri
Foto: IG @egymaulanavikri
Egy Maulana Vikri

REPUBLIKA.CO.ID, LECHIA -- Pemain sepak bola asal Indonesia, Egy Maulana Vikri, mencetak gol perdananya bersama Lechia Gdansk di musim ini. Egy mencetak gol itu kala memperkuat Lechia Gdansk II kontra Wiked Luzino pada lanjutan IV League, Ahad (1/9) waktu setempat.

Dalam pertandingan tersebut, Lechia sempat memecahkan kebuntuan pada menit ke-16 lewat gol Piotr Gryszkiewicz. Namun beberapa menit kemudian, lawan menyamakan kedudukan melalui gol Krystian Oplatkowski.

Baca Juga

Egy menunjukkan tajinya saat membuat Lechia II kembali unggul lewat golnya pada menit ke-67. Namun, tim tamu lagi-lagi berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-80 lewat gol Radoslaw Robakowski. Skor 2-2 pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Di satu sisi, Egy masih perlu menunggu jam terbang yang lebih banyak untuk memperkuat tim utama Lechia di kompetisi Ekstraklasa 2019/2020. Musim ini, Egy baru dipasang dalam satu pertandingan dengan durasi 46 menit oleh Lechia di kompetisi kasta tertinggi Polandia.

Padahal, media asal Polandia, Trojmiasto Wyborcza, menyebut Egy layak masuk tim utama Lechia Gdansk untuk mengarungi musim 2019/2020. Alasannya, performa Egy terus meningkat di setiap pertandingan.

Egy sebenarnya dipercaya pelatih Piotr Stokowiec untuk tampil sebagai starter dalam laga uji coba melawan Olympiacos, Rabu pekan lalu. Jebolan PPLP Ragunan itu dimainkan sebagai penyerang sayap kanan dengan formasi 4-3-3. Ia tercatat langsung menghasilkan peluang emas ketika laga baru berjalan tujuh menit.

Hanya bermain 60 menit, pemuda berusia 19 tahun itu dikabarkan mendapat beberapa kali peluang, meski belum dapat menyarangkan gol ke gawang lawan.

Media lokal Polandia itu menjelaskan, Egy semestinya layak tampil bersama skuat utama Lechia Gdansk musim ini. "Pemuda Indonesia ini terlihat cukup baik dan Anda dapat melihat bahwa setelah lebih dari setahun di Polandia, ia semakin siap untuk bermain di level profesional," tulis Trojmiasto Wyborcza.

Di level tertinggi, Egy juga sudah pernah menjalani debutnya sebagai starter di Liga Utama Polandia (Ekstraklasa) kontra Wisla Krakow, akhir Juli lalu. Keputusan pelatih memasang Egy Maulana Vikri sebagai starter dianggap mengejutkan. Sebab, sejak bergabung dengan Lechia Gdansk pada awal musim 2018/2019, baru kali itu Egy dipasang sejak menit pertama laga.

Sebelumnya, Egy hanya beberapa kali mendapat kesempatan sebagai pemain pengganti jelang pertandingan berakhir. Saat Lechia Gdansk melawan Górnik Zabrze, Desember tahun lalu, pemuda asal Medan, Sumatera Utara, itu baru dimasukkan delapan menit sebelum pertandingan berakhir.

Kesempatan selanjutnya diperoleh Egy saat Lechia Gdansk bersua Jagiellonia pada pekan terakhir Ekstraklasa musim lalu, Egy hanya dimainkan pada dua menit terakhir laga.

Penampilan yang terakhir Egy bersama tim utama Lechia Gdansk di kompetisi resmi adalah pada ajang Piala Super Polandia 2019 atau Superpuchar. Lechia Gdansk menag dengan skor 3-1 atas Piast Gliwice, tapi Egy cuma tampil semenit di akhir pertandingan.

Kendati demikian, sang pelatih juga sempat mencoba kualitas Egy sebagai starter pada laga pramusim, salah satunya saat Lechia Gdansk menghadapi tim raksasa Yunani, Olympiakos.

Dari segi prestasi, Egy sudah membantu klubnya meraih dua trofi dalam kurun waktu setahun. Lechia Gdansk merebut Piala Super Polandia dan Piala Polandia pada musim 2018/2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement