Rabu 04 Sep 2019 20:59 WIB

Jayson Tatum Korban Kemenangan AS Atas Turki

Tatum terkilir pergelangan kaki kirinya saat pertandingan memasuki detik-detik akhir.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Jayson Tatum
Foto: EPA-EFE/Wu Hong
Jayson Tatum

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Kemenangan timnas basket Amerika Serikat atas Turki pada laga penyisihan Grup E Piala Dunia FIBA 2019 memakan korban. Jayson Tatum terkilir pergelangan kaki kirinya saat AS mengatasi Turki dengan kemenangan tipis 93-92 lewat overtime di Shanghai Oriental Sports Center, Shanghai, Selasa (3/9).

Jayson Tatum terkilir pergelangan kaki kirinya saat pertandingan memasuki detik-detik akhir. Cedera Tatum terjadi setelah ia mengoper bola ke Khris Middleton, yang kemudian menyerang ke arah ring Turki dan mendapatkan lemparan bebas untuk memastikan kemenangan AS dengan laga tersisa 2,1 detik. 

Baca Juga

Tatum harus dibantu ke ruang ganti dan mendapatkan pemeriksaan setelahnya. Ia harus beristirahat sedikitnya lima hari dan akan absen setidaknya dalam dua pertandingan AS berikutnya, dikutip dari ESPN, Rabu (3/9). Kondisinya akan dievaluasi kembali pada Senin (9/9).

Timnas Amerika akan bertanding melawan Jepang di pertandingan terakhir Grup E pada, Kamis (5/5)  Tidak ada yang dipertaruhkan untuk kedua tim. AS telah memastikan ke babak berikutnya, sedangkan Jepang telah tersingkir. Pelatih Gregg Popovich bisa merotasi timnya dengan memainkan para pemain dengan menit bermain sedikit.

Tatum merasa lebih baik setelah mendapatkan perawatan dan meninggalkan arena dengan sedikit pincang. "Saya pikir saya tergelincir sedikit dan jatuh dengan cara yang salah," kata Tatum. 

Selain operan penting ke Middleton yang memastikan kemenangan, Tatum sebelumnya menjadi penyama kedudukan yang membuat laga diteruskan ke overtime. Dia sebenarnya punya peluang untuk membawa AS menang setelah mendapatkan tiga tembakan bebas. Sayang, hanya dua tembakan yang masuk. Secara keseluruhan, Tatum mengoleksi 11 poin dan 11 rebound. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement