Kamis 12 Sep 2019 00:17 WIB

Valencia Pecat Pelatih Jelang Laga Melawan Barcelona

Marcelino Garcia dipecat dari jabatannya sebagai pelatih Valencia.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Bayu Hermawan
Pelatih Valencia Marcelo Garcia Toral
Foto: EPA
Pelatih Valencia Marcelo Garcia Toral

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Valencia memecat Marcelino Garcia dari kursi kepelatihan yang didudukinya sejak 2017. Keputusan itu diambil setelah mengadakan rapat tertutup antara pemilik klub, Peter Lim dan presiden Valencia, Anil Murthy di Singapura.

"Valencia telah mengumumkan Marcelino Garcia Toral tak lagi menjalani perannya sebagai pelatih tim utama mulai Rabu (11/9) ini. Pihak klub berterima kasih kepada Marcelino dan mendoakan yang terbaik," tulis pernyataan resmi di laman klub Valencia.

Baca Juga

Belum jelas alasan klub memecat Marcelino. Pasalnya, ia berhasil membawa Valencia lolos ke Liga Champions dalam dua musim berturut-turut. Tak hanya itu, ia juga mempersembahkan satu gelar Copa Del Rey musim lalu.

Prestasi yang ditorehkan Marcelino menjadikan namanya sebagai pelatih tersukses Valencia selama empat tahun terakhir. Setelah Gary Neville gagal membawa Valencia kembali bertaji pada 2015, klub berjulukan El Che harus empat kali ganti pelatih sebelum Marcelino tiba tahun 2017.

Namun seperti diberitakan Marca, ada desas-desus Marcelino tak memiliki visi yang sama dengan pemilik klub. Dilihat dari catatan La Liga musim 2019/20 pun, Valencia saat ini baru mengemas empat poin dari tiga laga pembuka.

Di sisi lain, peran Marcelino akan digantikan oleh Albert Celades yang dinilai belum berpengalaman menangani klub di kasta tertinggi Spanyol. Satu-satunya catatan yang pernah dimilikinya adalah saat menjadi asisten pelatih Julen Lopetegui saat menahkodai Real Madrid, 2018 lalu.

Albert sebelumnya pernah menangani tim nasional (timnas) Spanyol U-21 selama empat tahun dan membawa timnya ke final Piala Eropa U-21. Selain itu, ia juga pernah melatih timnas Spanyol U-17 dan U-16.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement