Kamis 12 Sep 2019 06:56 WIB

Manchester City Buat Patung Kompany di Stadion Etihad

Selama bermain di City, Kompany telah mencatatkan 360 penampilan.

Vincent Kompany
Foto: EPA/PETER POWELL
Vincent Kompany

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City akan mengabadikan sosok mantan kaptennya, Vincent Kompany dalam wujud patung di luar Stadion Etihad sebagai bentuk penghargaan atas prestasi dan kontribusinya untuk klub. Pembuatan patung itu bukan tanpa alasan, mengingat sang bek telah berjasa bagi City selama 11 tahun menjaga pertahanan The Citizens itu.

Selama bermain di City, Kompany telah mencatatkan 360 penampilan dan menyumbangkan lebih banyak trofi daripada kapten klub lainnya dalam sejarah klub sepak bola itu. Ketua Klub Manchester City Khaldoon Al Mubarak menyatakan bahwa Kompany bagian dari transfomasi besar selama periode waktu tertentu untuk City.

Baca Juga

"Vincent adalah sosok yang spesial dalam sejarah City. Dia pemimpin yang tegas dan menginspirasi," katanya seperti dikutip laman resmi Manchester City.

"Kontribusinya akan dikenang oleh generasi yang akan datang, baik suporter maupun komunitas sepak bola yang juga mengakui Vincent sebagai salah satu sosok ikonik di Liga Inggris."

Khaldoon mengungkapkan pembuatan patung Kompany sudah mulai dilakukan. Publik pun diharapkan bisa melihat dan turut merayakan prestasi dan kontribusi Kompany untuk City.

Kompany merasa senang dia dianggap begitu spesial oleh klubnya. "Ini merupakan suatu kehormatan bagi saya bisa diingat sebagai orang yang spesial di klub,""Perjalanan yang kita lalui bersama selama 11 tahun telah mengubah hidup saya. Saya sangat bahagia bisa berperan kecil membantu klub selama ini."

Selain patung, sebuah jalan yang menghubungkan akademi muda City dan pusat pelatihan tim utama telah diganti nama menjadi Vincent Kompany Crescent. Jalan itu ditandai dengan mozaik yang terinsipirasi oleh perayaan gol Kompany saat derbi Manchester pada 2012 lalu.

City menggelar pertandingan testimonial sebagai bentuk perayaan dan perpisahan dengan Kompany pada Kamis (12/9) dini hari WIB. Namun Kompany absen pada laga tersebut karena masih dalam tahap pemulihan cedera hamstring. Laga testimonial itu mempertemukan legenda City Legends dan All Stars Liga Primer Inggris. Selain sebagai perpisahan, pertandingan itu bertujuan untuk mengumpulkan donasi untuk membantu para tunawisma Tackle4MCR di Manchester.

Para pemain bintang City seperti David Silva, Sergio Aguero bergabung bersama Mario Baloteli di tim asuhan Pep Guardiola itu. Mereka akan berhadapan dengan eks pemain Manchester United seperti Edwin van der sar, Gary Neville, Paul Scholes, Ryan Giggs.

Kompany telah meninggalkan City pada musim lalu dan bergabung dengan klub kampung halamannya, Anderlecht. Di sana pria 33 tahun ini menjadi pelatih sekaligus pemain.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement