Sabtu 14 Sep 2019 10:04 WIB

Petaka Bagi Klub dan Pemain Usai Jeda Internasional

Dua pemain MU dipulangkan karena cedera usai membela timnas Inggris pekan ini.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Manchester United Jesse Lingard terbaring di lapangan akibat cedera.
Foto: AP Photo/Jon Super
Pemain Manchester United Jesse Lingard terbaring di lapangan akibat cedera.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Jeda internasional menjadi kesempatan bagi pesepak bola Eropa untuk membuktikan diri di tim nasional (timnas). Namun, bagi sebagian klub, pelatih, dan pemain, jeda internasional bisa jadi kekhawatiran tersendiri lantaran padatnya jadwal pertandingan.

Dalam banyak kasus, jeda internasional justru menjadi petaka bagi pemain maupun klub. Misalnya saja dua pemain Manchester United (MU), Jese Lingard dan Aaron Wan-Bissaka. Keduanya harus dipulangkan ke Manchester saat bertugas membela timnas Inggris pekan ini.

Baca Juga

Padahal, MU harus melakoni laga berat di Liga Primer Inggris akhir pekan ini melawan Leicester City. ''Ruang perawatan sangat sibuk dan sampai saat ini masih bekerja. Kami tidak tahu siapa yang akan tersedia (lawan Leicester),'' ujar pelatih MU Ole Gunnar Solskjaer dikutip dari laman resmi MU, Sabtu (13/9).

Pemain yang dipastikan absen yaitu Paul Pogba dan Anthony Martial. Menurut Solskjaer, Pogba dan Martial kemungkinan akan kembali bermain saat berhadapan dengan West Ham United dua pekan mendatang. Meskipun, lanjut dia, pemulihan Pogba telah berjalan lebih cepat dalam dua hari terakhir. Namun, saat ini pemain internasional Prancis itu belum fit 100 persen.

Bukan hanya Iblis Merah yang mengalami nasib siap dalam jeda internasional kali ini. Zinedine Zidane makin pusing merotasi skuatnya, setelah dua penggawa Real Madrid, Luka Modric dan Fede Valverde, kembali ke klub dalam keadaan cedera. Modric dipastikan akan absen dalam pertandingan La Liga Spanyol akhir pekan ini lawan Levante, setelah didiagnosa mengalami cedera otot kaki kanannya. Namun belum diketahui apakah ia akan pulih tiga hari kemudian usai timnya bertemu dengan Levante.

Padahal, sebelumnya Modric ikut tampil saat timnas Kroasia melawan Azerbaijan. Namun, saat kembali ke Madrid, pemain berusia 34 tahun tersebut tidak ikut berlatih dengan rekan setimnya, dan fokus pada latihan di pusat kebugaran seorang diri. Sementara, Fede Valverde tidak akan membela Los Blancos dalam pertandingan Liga Spanyol lawan Levante akhir pekan ini.

Pemain internasional Uruguay itu juga cedera saat membela timnas pada jeda internasional. Valverde bermain selama 105 menit untuk Uruguay saat melawan Kosta Rika dan Amerika Serikat dalam dua pekan terakhir.

Cedera Fede Valverde ini menambah daftar panjang krisis pemain yang dialami Zidane sejak pramusim lalu akibat masalah kesehatan. Pemain yang sebelumnya juga harus menepi karena cedera, yaitu Marco Asensio dan Isco.

Dengan cederanya para pemain tengah tersebut, Zidane patut waswas lantaran ia mengandalkan formasi 4-3-3. Sehingga, kondisi ini membuat Real Madrid kian rentan kembali gagal tampil maksimal. Belum lagi Eden Hazard yang tak kunjung pulih dari cedera untuk membuat debutnya bersama El Real. Gareth Bale juga tak bisa tampil karena mendapatkan larangan pertandingan.

Barcelona juga menjadi korban jeda internasional. Samuel Umtiti harus menepi paling tidak lima sampai enam pekan karena mengalami cedera pada tulang jari kakinya. Umtiti dibawa ke ruang pewaratan saat berlatih dengan timnas Prancis. Pemain berusia 25 tahun itu sebenarnya sudah menjalani tes medis untuk kembali memperkuat Prancis. Namun ia masih perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk dilakukan penanganan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement