Sabtu 14 Sep 2019 19:12 WIB

Persib Tahan Imbang Tira Persikabo pada Babak Pertama

Tira Persikabo lebih dulu unggul lewat gol Osas Saha yang dicetak dari titik putih.

Rep: Hartifiany Praisra/Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Logo Liga 1 Indonesia
Foto: liga-indonesia.id
Logo Liga 1 Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Derbi Jabar yang mempertemukan PS Tira Persikabo dan Persib Bandung dalam laga pekan ke-18 Liga 1 berlangsung sengit. Hasilnya, skor imbang 1-1 tercipta pada babak pertama laga di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (14/9).

Tira Persikabo lebih dulu unggul lewat gol Osas Saha yang dicetak dari titik putih pada menit ke-16. Persib membalas melalui tandukan Nick Kuippers tepat sebelum babak pertama berakhir.

Tim tuan rumah bermain menyerang dengan menggunakan tiga pemain depan. Rahmad Darmawan menurunkan Osas Saha, Loris Arnaud, dan Ciro Alves untuk menekan Persib.

Sementara Persib kehilangan strikernya, Ezechiel N'Duoassel. Sebagai gantinya, Robert Rene Alberts bermain bertahan dengan menurunkan lima bek dan hanya menempatkan Kevin van Kippersluis di depan.

Pertandingan babak pertama diawali dengan peluang Persib. Menit kedelapan, peluang dari Omid Nazari masih menyamping dari gawang Angga Saputro.

Petaka bagi Persib terjadi pada menit ke-15 saat Achmad Jufriyanto handball di kotak penalti. Tira Persikabo mendapatkan hadiah penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Osas Saha. Ia mengarahkan bola pelan ke arah kiri yang salah diantisipasi I Made Wirawan. Skor berubah menjadi 1-0 atas keunggulan Tira Persikabo.

Tertinggal membuat Persib melancarkan serangan demi serangan. Persib lebih sering menyerang dari sisi kiri, mengandalkan kerja sama Aldi Idrus dan Ezteban Vizcarra. Sesekali serangan dari kanan dibangun melalui Supardi. Namun disiplinnya para pemain Tira Persikabo memutus alur bola, serta cekatannya kiper Angga membuat Persib kesulitan menyamakan skor.

Menit 28, Tira Persikabo gagal menambah keuntungan karena jebakan offside. Selang tiga menit, gol Osas dianulir karena ia memasukkan bola dengan tangannya. Osas mendapatkan kartu kuning

Persib kembali menguasai pertandingan. Tekanan Ghozali di kotak penalti gagal dieksekusi oleh Achmad Jufriyanto. Tandukannya masih tipis di atas gawang Angga. Sementara pada menit ke-41, tendangan bebas Omid masih mengenai mistar gawang tuan rumah.

Menjelang babak pertama berakhir, duel Aldi Idrus dengan Angga membuat sang kiper terkapar. Angga mendapatkan perawatan dan bisa melanjutkan pertandingan. Tambahan waktu dua menit diberikan oleh wasit. 

Saat laga tampaknya berakhir dengan keunggulan tuan rumah, Persib akhirnya mampu menyamakan skor. Berawal dari pelanggaran di tengah lapangan, Persib mendapatkan tendangan bebas. Dedi Kusnandar melepaskan umpan lambung terukur ke kotak penalti. Nick yang jangkung berhasil menyambutnya dengan tandukan silang yang tak bisa ditepis Angga. Gol ini pun disambut heboh kubu Persib dan puluhan ribu Bobotoh yang hadir di Stadion Pakansari. 

Susunan Pemain

Tira Persikabo: Angga Saputro, Andy Setyo, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu, Ciro Alves, Guntur Triaji, Munadi, Osas Saha, Parfait Louis, Wawan Febriyanto dan Loris Arnaud.

Persib Bandung: I Made Wirawan, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus, Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Supardi, Omid Nazari, Dedi Kusnandar, Esteban Vizcarra, Ghozali Siregar, dan Kevin van Kippersluis

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement