Ahad 15 Sep 2019 23:18 WIB

Emil Harap Rute TDL Diperluas

Emil mendukung pelaksanaan TDL.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Sejumlah pelajar memberi semangat kepada pebalap saat mengikuti kategori Individual Time Trial pada International Tour de Linggarjati 2019 di Mandirancan, Kuningan, Jawa Barat, Jumat (13/9/2019).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Sejumlah pelajar memberi semangat kepada pebalap saat mengikuti kategori Individual Time Trial pada International Tour de Linggarjati 2019 di Mandirancan, Kuningan, Jawa Barat, Jumat (13/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID,KUNINGAN – Pelaksanaan ajang balap sepeda Tour De Linggarjati (TDL) 2019 di Kabupaten Kuningan mendapat dukungan penuh dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Perlombaan yang digelar setiap tahun itu diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara.

Gubernur yang biasa disapa Emil itupun hadir untuk melepas peserta balap sepeda putaran pertama nomor criterium di sekitar pusat pertokoan Jalan Siliwangi Kuningan, Ahad (15/9). Ada 257 pembalap yang mengikuti perlombaan di nomor tersebut.

 

Dalam kesempatan itu, Emil berharap, Tour de Linggarjati ke depan bisa diperluas  rutenya menjadi lintas  daerah. Sedangkan selama ini, perlombaan tersebut hanya melintasi rute di dalam wilayah Kabupaten Kuningan.

 

‘’Ini tour sepeda paling membanggakan di Jawa Barat. Skalanya sudah skala Asean, mimpi kita jadi skala global,’’ ujar Emil.

 

Emil pun mengapresiasi kegiatan tersebut karena dapat meningkatkan pariwisata di Kabupaten Kuningan. Dia menyatakan, hal itu menunjukkan bahwa kegiatan olah raga bisa meningkatkan citra Kabupaten Kuningan maupun citra pariwisata di daerah tersebut.

 

‘’Kami mendukung (Tour de Linggarjati) setiap tahun,’’ tukas Emil.

 

Sementara itu, berdasarkan informasi dari panitia, dari jumlah  257 pembalap yang ambil bagian kelas Individual Road Race (IRR) itu mengikuti  enam kategori. Yakni, Men Youth 44 orang dan Women Youth 20 orang dengan jarak tempuh 15 km atau enam lap.

 

Pada  kategori Junior, dikuti  56 pembalap dengan jarak tempuh 30 km atau 12 lap. Sedangkan Women Junior, diikuti 20 atlet dengan jarak tempuh 15 km atau enam lap.

 

Untuk Men Elite atau kelas yang bergengsi, diikuti 101 atlet jarak tempuh 50 km atau 20 lap. Adapun Women Elite  diikuti 16 peserta dengan jarak tempuh 30 km atau 12 lap.

 

Seperti diketahui, untuk kelima kalinya, momen tahunan Tour De Linggarjati (TDL) kembali digelar pada tahun ini. Ratusan peserta dari berbagai daerah hingga mancanegara pun hadir untuk bertanding dalam ajang balap sepeda tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement