Selasa 24 Sep 2019 07:10 WIB

Daftar Lengkap Peraih Penghargaan FIFA The Best 2019

FIFA mengumumkan peraih penghargaan FIFA The Best 2019.

Lionel Messi
Foto: EPA-EFE/ANDREU DALMAU
Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang Barcelona Lionel Messi meraih gelar pemain terbaik FIFA tahun 2019, setelah mengalahkan bek Liverpool Virgil van Dijk, dan bintang Juventus Cristiano Ronaldo. Messi menjadi pemain terbanyak yang meraih penghargaan pemain terbaik FIFA.

Ini penghargaan keenam Messi sebagai pemain terbaik di dunia, setelah menang pada 2009, 2010, 2011, 2012 dan 2015. Musim lalu, Messi membantu Barcelona memenangakan trofi La Liga Spanyol dan meraih sepatu emas Eropa dengan mencetak 54 gol dalam 58 pertandingan.

Baca Juga

Keunggulan Messi ini agak mengejutkan karena sebelumnya banyak yang lebih menjagokan Virgil van Dijk, setelah pemain Belanda ini memenangkan penghargaan pemain terbaik Eropa. Van Dijk adalah bek tengah yang mengubah pertahanan Liverpool dalam perjalanan meraih juara Liga Champions.

Kemenangan Messi di gedung Opera La Scala di Milan ini juga menandai kembalinya dominasi pemain Argentina itu atas Ronaldo. Sementara itu kapten timnas AS Megan Rapinoe memenangkan penghargaan tertinggi di kategori putri.

Rapinoe sukses membantu negaranya meraih gelar juara Piala Dunia tahun ini dalam turnamen yang dianggap sebagai tonggak penting bagi pengembangan sepak bola putri secara internasional. Dia berhasil menyisihkan rekannya Alex Morgan dan Lucy Bronze asal Inggris.

Juergen Klopp dari Liverpool terpilih sebagai pelatih pria terbaik tahun ini sementara pelatih tim nasional AS Jill Ellis mendapatkan trofi pelatih wanita terbaik.

Kiper Liverpool, Alisson, juga menjadi pemenang saat ia menerima penghargaan sebagai kiper terbaik dengan mengalahkan Ederson dari Manchester City dan Andre ter Stegen dari Barcelona.

Pelatih Leeds Marcelo Bielsa juga mendapatkan penghargaan "fair play" setelah ia memerintahkan timnya membiarkan Aston Villa mencetak gol penyeimbang dalam pertandingan yang berakhir 1-1 di divisi Championship pada April.

Skuat Bielsa mencetak gol secara kontroversial ketika para pemain Villa berhenti bermain karena mereka berharap bola akan ditendang keluar lapangan saat Jonathan Kodjia alami cedera, sebelum pelatih asal Argentina tersebut melakukan intervensi.

Pemain berusia 18 tahun Daniel Zsori berhasil membawa pulang penghargaan Puskas (gol terbaik) untuk gol tendangan salto spektakulernya di menit ke-93 saat Debrecen melawan Ferencvaros di pertandingan perdananya di liga Hungaria pada Februari.

Gol Zsori mengalahkan gol sontekan Lionel Messi ke gawang Real Betis dan gol tendangan bebas jarak jauh Juan pemain River Plate Quitero dari jarak jauh.

Berikut daftar tim terbaik FIFA The Best:

Penjaga gawang: Alisson (Liverpool / Brasil)

Bek: Matthijs de Ligt (Ajax dan Juventus / Belanda), Sergio Ramos (Real Madrid / Spanyol), Virgil van Dijk (Liverpool / Belanda), Marcelo (Real Madrid / Brasil).

Gelandang: Luka Modric (Real Madrid / Kroasia), Frenkie de Jong (Ajax dan Barcelona / Belanda), Eden Hazard (Chelsea dan Real Madrid / Belgia).

Penyerang: Kylian Mbappe (Paris St-Germain / Prancis), Cristiano Ronaldo (Juventus / Portugal), Lionel Messi (Barcelona / Argentina).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement