Selasa 24 Sep 2019 16:09 WIB

Jill Ellis Jadi Pelatih Terbaik Wanita FIFA

Jill mempersembahkan dua gelar Piala Dunia secara beruntun bagi timnas AS.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Jill Ellis pelatih sepakbola wanita terbaik 2015
Jill Ellis pelatih sepakbola wanita terbaik 2015

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Selasa (24/9) menjadi hari bahagia bagi pelatih tim nasional (timnas) sepak bola wanita Amerika Serikat (AS), Jill Ellis. Ia dinobatkan sebagai pelatih wanita terbaik FIFA 2019 yang diumumkan di Kota Milan, Italia.

Jill mengalahkan dua pesaingnya pelatih tim wanita Inggris, Phil Neville, dan pelatih timnas Belanda, Sarina Wiegman. Sentuhannya pada tim AS dengan membawanya menjuarai gelar Piala Dunia 2019 adalah persembahan trofi luar biasa. Tidak hanya itu, pada ajang tersebut, tim AS hanya kebobolan tiga gol dan membobol gawang lawan sebanyak 26 kali.

Gelar tersebut sangat tepat diberikan kepada wanita berusia 53 tahun itu. Pasalnya, ia berhasil mempersembahkan dua gelar Piala Dunia secara beruntun. Raihan prestasi tersebut membuatnya menjadi wanita pertama yang mempersembahkan dua gelar Piala Dunia beruntun.

Jill mulai melatih AS pada 2014 lalu dan telah mengundurkan diri pada 30 Juli 2019. Pengalamannya di dunia kepelatihan sebelum menjadi kepala pelatih tim AS tak diragukan lagi. Perempuan kelahiran Inggris itu pernah menjadi pelatih tim muda di beberapa perguruan tinggi AS selama bertahun-tahun.

Bersama timnas AS U-21, Jill mempersembahkan gelar Piala Nordic di Jerman pada tahun 2000 dan Piala Swedia 2015. Dia juga pernah melatih timnas AS wanita U-20.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement