Selasa 24 Sep 2019 18:44 WIB

Timnas Basket Putra Petik Kemenangan Perdana di Taiwan

Tim besutan Rajko Toroman menang 82-69 atas Taiwan Beer pada laga Selasa (24/9).

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Timnas basket putra Indonesia.
Foto: Istimewa
Timnas basket putra Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Timnas basket putra Indonesia berhasil memetik kemenangan perdana pada ajang Hualien International Basketball Tournament 2019 di Taiwan. Tim besutan Rajko Toroman menang 82-69 atas Taiwan Beer pada laga Selasa (24/9). Taiwan Beer merupakan tim peringkat kedua liga profesional di Taiwan.

Manajer timnas basket putra Maulana Fareza Tamrela ketika dihubungi Republika.co.id mengatakan, timnas sempat tertinggal jauh 15 angka pada dua kuarter awal. “Tim masih beradaptasi dengan sistem yang diterapkan oleh Coach Rajko Toromon sehingga sempat tertinggal 15 poin. Namun memasuki kuarter ketiga, permainan dan kerja sama tim sudah mulai padu," kata Mocha, sapaan akrab Maulana Fareza Tamrela.

Baca Juga

Ia memuji defense man to man yang diperagakan dengan baik oleh para pemain. Serangan para pemain timnas pun efektif membongkar pertahanan lawan.

Senada dengan manajer timnas, asisten pelatih timnas Wahyu Widayat Jati mengungkapkan kalau para pemain terlambat start. “Dua kuarter akhir kita jauh lebih baik. Semoga semakin bisa berkembang pada laga selanjunya,” kata dia.

Meski menang dengan skor cukup besar, Mocha menilai kalau timnas masih memiliki banyak ruang untuk berkembang. Salah satunya konsistensi permainan yang belum bisa diperagakan sejak awal.

Mocha menambahkan untuk pemahaman terhadap sistem yang diterapkan oleh pelatih asal Serbia juga masih belum maksimal. “Komunikasi antarpemain juga harus lebih ditingkatkan,” ujar Mocha.

Dalam laga ini pemain yang sedang dalam proses naturalisasi, Denzel Bowles tampil dominan dengan mencetak 30 angka dan sembilan rebound. Dia juga mampu membuka ruang untuk pemain lainnya.

Sejumlah pemain lainnya yang berhasil mencetak angka adalah Abraham Damar Grahita 11 angka dan enam rebound,  Brandon Jawato delapan angka tiga assist, Kaleb Ramot Gemilang dan Andakara Prastawa Adhyaksa sama-sama mencetak tujuh angka. Kevin Yonas Sitorus enam angka, Mei Joni empat angka. Hardianus, Avan Seputra dan Velentino Wuwungan mencetak tiga angka.

Timnas akan menjalani pertandingan kedua Rabu (25/9) melawan Paulian, tim tuan rumah juara liga profesional dua tahun lalu. “Lawan selanjutnya cukup kuat, sehingga diharapkan timnas dapat bermain lebih baik lagi dan tentunya kembali. Diharapkan kita kembali bisa memenangkan pertandingan.”

Jadwal Timnas Indonesia di Hualien City Turnamen di Taiwan:

25 September vs Paulian Taiwan

26 September vs Westport Dragons Malaysia

27 September vs Haoyu Internasional.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement