Rabu 25 Sep 2019 17:00 WIB

Espargaro: Tombol Motor di MotoGP Lebih Banyak dari Pesawat

Tim Aprilia memutuskan memakai teknologi bernama Holeshot Device.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Aleix Espargaro
Foto: Reuters/Benoit Tessier
Aleix Espargaro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap MotoGP tim Aprilia, Aleix Espargaro berkelakar tentang teknologi yang baru saja diadaptasi timnya pada GP Spanyol di Sirkuit Aragon, akhir pekan lalu. Menurutnya, tombol pada sepeda motornya lebih rumit daripada sebelumnya.

Sebab, tim Aprilia memutuskan memakai teknologi bernama 'Holeshot Device' yang bermanfaat mencegah sepeda motor menghentak saat memulai balap dari garis start.

"Kami punya tombol lebih banyak dari pesawat sekarang!" kata Espargaro seperti dilansir Crash, Rabu (25/9).

Teknologi tersebut sebenarnya sudah dipakai tim Ducati sejak Januari lalu dan menimbulkan kontroversi karena dianggap 'memanjakan' pembalap di garis start.

Namun, Aprilia akhirnya juga mengadaptasi teknologi tersebut dengan perbedaan bentuk, yakni menggunakan tuas di bawah kopling. Sedangkan Ducati menggunakan tombol di bagian stang kiri.

Teknologi itu dipelopori oleh balap Motorcross beberapa tahun terakhir untuk mencegah sepeda motor terlalu mengangkat saat start di sirkuit bertanah.

"Saya merasakan perbedaan besar. Saya pikir kami bisa lebih mengembangkannya karena itu juga tidak mudah bagi pembalap," jelas Espargaro. "Ini hal yang bagus, tahun lalu kami memulai pekerjaan itu dan perlahan-lahan, saya justru tidak bisa memulai start tanpa (holeshot device) itu."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement