Rabu 25 Sep 2019 18:00 WIB

Pembuktian Penggawa Persib untuk Sang Pelatih

Robert mengakui seharusnya Persib bisa mencetak gol lebih banyak ke gawang Persipura.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Persib Bandung, Supardi Nasir (kiri) dan pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts (kanan) di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (17/9).
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Pemain Persib Bandung, Supardi Nasir (kiri) dan pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts (kanan) di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (17/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung memenangkan laga kontra Persipura Jayapura di Stadion Gelora Delta, Selasa (23/9). Dalam laga ini, Persib mampu mencetak gol meskipun tidak didampingi oleh pelatih kepala, Robert Rene Alberts.

Robert mengapresiasi kerja keras pemainnya. Menurutnya, Persib mampu menjawab kepercayaan jajaran pelatih. Apalagi, Ezechiel N'douassel mencetak brace dalam laga itu.

"Kita tahu Ezechiel bisa cetak gol dan kabar baiknya dia bisa berkomunikasi dengan Kevin van Kippersluis, senang bisa lihat keduanya tidak terpengaruh dengan komentar negatif," kata Robert di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Selasa (24/9).

Robert mengakui seharusnya Persib bisa mencetak gol lebih banyak. Padahal, pertandingan berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Persib.

Pelatih asal Belanda ini menyebut beberapa keganjilan dalam pertandingan. Pelanggaran pada Febri Haryadi di kotak penalti tidak digubris oleh wasit. Sementara, bola tendangan Ezechiel yang tak diselamatkan oleh Ricardo Salampessy tidak disahkan oleh wasit. "Ezechiel bisa mencetak gol dan harusnya dia bisa cetak hattrick. Sayangnya, wasit tidak bisa melihat dari sudut pandangnya," katanya.

Tidak hanya itu, Robert memberikan apresiasi lebih bagi kapten tim, Supardi Nasir. Ia didapuk menjadi bek tengah setelah Achmad Jufriyanto alias Jupe absen karena akumulasi kartu.

Menurut Robert, Supardi mampu bertanggung jawab atas posisi barunya tersebut. Ia mengakui Supardi memiliki pengalaman dan insting yang bagus di depan gawang. "Ketika Supardi main di posisinya dia fokus dengan apa yang dia lakukan. Itulah yang membuat saya tidak ragu menyimpannya di posisi itu," katanya.

Kini, Jupe sudah kembali ke posisi bek tengah. Namun tidak menutup kemungkinan Supardi akan kembali menjalani peran di posisi lainnya. Apalagi, Persib harus mengisi posisi sayap kiri yang ditinggalkan oleh Ghozali Siregar dan Esteban Vizcarra.

"Saya sudah bertanya pada Supardi apakah siap bermain di posisi itu. Saya pikir dia tidak ingin lagi pindah posisi. Saya hanya akan pastikan kami main dengan kombinasi yang tepat," kata Robert.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement