Kamis 26 Sep 2019 11:40 WIB

Tim Basket SMAN 28 Kawinkan Gelar Honda DBL Jakarta Selatan

Tim putri SMAN 28 menjegal SMAN 70 dengan skor 51-39 dalam ulangan final musim lalu.

Guard SMAN 28 Jakarta (jersey hitam), Yasyfa Shabrina, saat melawan SMAN 70 Jakarta
Foto: DOK DBL Indonesia
Guard SMAN 28 Jakarta (jersey hitam), Yasyfa Shabrina, saat melawan SMAN 70 Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tim basket SMAN 28 Jakarta berhasil mengawinkan gelar juara Honda DBL 2019 DKI Jakarta Series-South Region (Jakarta Selatan) setelah tampil sebagai juara pada final yang berlangsung di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Rabu (25/9). Tim putri SMAN 28 menjegal SMAN 70 dengan skor 51-39 dalam ulangan final musim lalu. Sementara tim putra SMAN 28 mengatasi perlawanan SMA Cita Buana dengan skor akhir 73-57. Dengan kemenangan ini, tim asal Pasar Minggu ini berhasil menjadi raja baru Jakarta Selatan.

Pelatih tim putri SMAN 28 Syafiq Barawas mengakui SMAN 70 sebagai lawan tangguh. Sebab, timnya tak memenangkan laga dengan mudah. Setelah bertarung ketat pada dua kuarter awal, SMAN 28 baru bisa bermain lepas pada dua kuarter akhir untuk mempertahankan gelar yang diraih tahun lalu.

"SMAN 70 lawan yang kuat, jadi kita sempet kewalahan. Apalagi anak-anak masih bermain terburu-buru jadi banyak melakukan kesalahan. Tapi di kuarter ketiga kami bisa menemukan ritme kami dan unggul dari SMAN 70," kata Syafiq.

photo
Guard SMAN 28 Jakarta Reinhard Robot, saat melewati pertahanan SMA Cita Buana

Final putra juga tak kalah menarik. Bedanya, tim putra SMAN 28 bisa mengendalikan permainan sejak awal meskipun mendapatkan perlawanan ketat Colts, julukan SMA Cita Buana. SMAN 28 unggul 24-11 pada akhir kuarter pertama dan 41-28 saat halftime. Cita Buana berusaha terus mempertahankan asa, namun masih terpaut cukup jauh 41-51 pada akhir kuarter ketiga.

Pada kuarter akhir, SMAN 28 yang tak mau kecolongan kembali menemukan sentuhannya. Sebanyak 22 poin dicetak dan hanya kemasukan enam angka untuk mengantarkan SMAN 28 mengawinkan gelar juara wilayah Jakarta Selatan.

Pemain tim putra SMAN 28 Harsha Yudhistira Abuthan engatakan, penerapan defense yang solid dan kerja sama tim yang baik merupakan dua poin utama yang membawa tim mereka di final kali ini.

“Tadi defense kita lumayan kuat soalnya SMA Cita Buana mainnya kan juga bagus, jadi defense kita harus lebih bagus. Teamwork sama chemistry kita juga hari ini bagus banget,” kata guard SMAN 28 ini.

Dengan hasil ini, tim putra SMAN 28 Jakarta dan SMA Cita Buana berhak melangkah ke babak DBL DKI Jakarta Championship Series 2019.

DBL DKI Jakarta Championship Series akan berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, pada bulan Oktober 2019 mendatang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement