Jumat 27 Sep 2019 15:10 WIB

Singkirkan Juara Bertahan, Rinov/Pitha Tembus Semifinal

Rinov/Pitha memastikan diri ke semifinal BWF World Tour Super 500 untuk kali pertama.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
Foto: Dok PBSI
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

REPUBLIKA.CO.ID, INCHEON -- Pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjadi wakil Indonesia pertama yang berhasil melangkah ke semifinal Korea Open 2019. Pada pertandingan di Incheon Airport Skydome, Korea, Jumat (27/9), Rivov/Pitha menumbangkan juara bertahan asal China, He Ji Ting/Du Yue.

Dibutuhkan waktu selama 74 menit bagi Rinov/Mentari untuk menang 26-24, 22-24, dan 22-20. Laga di perempat final ini berjalan ketat sejak awal.

Pada gim pertama, Rinov/Pitha langsung berhasil mengimbangi permainan lawan. Ganda campuran Indonesia ini pun kerap memimpin poin dari He/Du, dan bahkan merebut game poin lebih dulu dengan 20-19. Namun He/Du sempat berusaha menahan dan menciptakan lima kali setting point. Beruntung, akhirnya Rinov/Pitha menang dengan skor 26-24.

Di awal gim dua, Rinov/Pitha tertinggal 1-6. Keduanya terus tertinggal jauh hingga 12-18. Rinov/Pitha sempat membuka peluang dengan terus merapatkan poin menjadi 20-20. Sayang akhirnya, Rinov/Pitha harus kalah 22-24 di gim kedua. Game ketiga pun harus dimainkan.

“Di game kedua kami ketinggalan jauh dan akhirnya mencoba main nothing to lose. Tapi setelah bisa mengejar, malah kami terlalu nafsu untuk menang. Beruntung pas game ketiga kami bisa comeback, tampil lebih baik lagi,” kata Pitha dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (27/9).

Rinov/Pitha langsung tancap gas di awal gim ketiga. Sebisa mungkin ganda muda ini menjauhkan poin dari lawan. Meski sempat tersusul, Rinov/Pitha akhirnya berhasil menang 22-20 dan memastikan diri ke babak semifinal BWF World Tour Super 500 untuk yang pertama kalinya.

“Di gim ketiga kami sempat leading jauh 14-8 tapi bisa dikejar jadi 15-15. Dari situ kami mencoba untuk tenang dan ingat lagi apa yang kami lakukan kemarin. Hari ini kami bisa keluar dari tekanan,” sambung Pitha. “Alhamdulillah rasanya senang banget bisa ke semifinal super 500 pertama kali selama berpasangan dengan Rinov. Untuk prestasi kami memang punya target tersendiri. Capaian ini juga untuk membuktikan kalau kami bisa.”

Selanjutnya di semifinal, Rinov/Pitha akan berhadapan dengan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai asal Thailand. Rinov/Pitha bertekad untuk tampil maksimal dan membalas kekalahannya sebelumnya di German Open 2019.

“Besok pastinya nggak mudah. Hari ini saja kami bisa menang setelah 70 menit lebih main. Besok berusaha buat konsisten dan jangan sampai hilang fokus. Pertemuan terakhir kami kalah, tapi besok kami ingin memberikan yang terbaik. Karena semua pemain kan sebenarnya nggak ada yang mau kalah,” ujar Pitha menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement