Sabtu 28 Sep 2019 21:01 WIB

Kalahkan Sheffield, Liverpool Nyaman di Puncak Klasemen

Liverpool mengalahkan Sheffield United dengan skor 1-0 di Stadion Bramall Lane.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Bayu Hermawan
Georginio Wijnaldum usai mencetak gol kemenangan Liverpool ke gawang Sheffield United, Sabtu (28/9) malam
Foto: AP
Georginio Wijnaldum usai mencetak gol kemenangan Liverpool ke gawang Sheffield United, Sabtu (28/9) malam

REPUBLIKA.CO.ID, SHEFFIELD -- Liverpool berhasil mengalahkan Sheffield United dengan skor 1-0, dalam pertandingan pekan ketujuh Liga Primer Inggris di Stadion Bramall Lane, Sabtu (28/9) WIB. Hasil ini membuat Liverpool nyaman duduk di puncak klasemen sementara, dengan perolehan 21 poin, hasil dari tujuh kemenangan berturut-turut musim ini.

Kemenangan tersebut berkat gol semata wayang Georginio Wijnaldum pada menit ke-70 yang tak mampu diantisipasi dengan baik oleh penjaga gawang Sheffield Dean Henderson. Hasil tersebut menyegel the Reds sebagai tim yang tak terkalahkan hingga pekan ketujuh Liga Inggris atau setelah 16 pertandingan.

Baca Juga

Praktis, Merseyside Merah kian nyaman di puncak klasemen dengan perolehan angka 21. Sedangkan bagi Sheffield mereka terpaksa melorot ke posisi 10 dengan nilai delapan. Penampilan anak asuh Chis Wilder yang menumpuk di area pertahanan membuat trisula Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah tak mendapat celah sedikit pun.

Memasuki menit ketiga, Sheffield hampir membuka keunggulan via sepakan Oliver McBurnie. Beruntung bagi Liverpool, tendangannya masih diantisipasi kiper Liverpool, Adrian. Liverpool memang dominan dalam penguasaan bola, namun mereka agak kesulitan menembus pertahanan Sheffield.

Di sisi lain, tiap kali personel Sheffield menguasai bola, mereka selalu memberikan ancaman kepada pertahanan The Reds. Meski begitu, tidak ada peluang yang benar-benar tercipta di sepanjang babak pertama pertandingan.

Bisa dibilang, hujan deras yang melanda Bramall Lane sedikit menganggu permainan kaki ke kaki yang biasa diterapkan Liverpool. Alhasil hingga babak pertama usai skor kacamata masih bertahan.

Memasuki interval kedua, Sheffiled mampu kembali merepotkan Si Merah. Beberapa kali anak asuh Chris Wilder menebar ancaman ke gawang Liverpool, yang bisa dimentahkan Virgil van Dijk beberapa kali. Di menit ke-53, Oliver McBurnie nyaris membobol lewat tandukan. Namun, bola sundulannya masih sedikit terlalu tinggi dari gawang Adrian.

Pada menit ke-64, Sheffield kembali mengancam lewat sebuah serangan balik yang dituntaskan Oliver Norwood. Gelandang Inggris itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun masih bisa ditepis Adrian.

Dua menit berselang, dua peluang di kotak penalti secara berturut-turut didapat tuan rumah. Pertama lewat John Fleck dan John Lundstram, namun dua-duanya bisa diblok barisan belakang Liverpool.

Keasyikan menekan Sheffield justru kecolongan pada menit ke-70. Georginio Wijnaldum melepaskan yang gagal ditangkap dengan baik oleh Dean Henderson. Bolanya lepas dari tangkapan, dan melewati celah kaki sebelum bergulir pelan masuk ke gawang. Liverpool unggul 1-0.

Pada menit ke-77, Liverpool punya peluang emas mencetak gol. Berawal dari kesalahan bek Sheffield, Salah menguasai bola dan menggiringnya ke kotak penalti hingga berhadapan dengan Henderson. Namun, Salah gagal menaklukkan Henderson usai sepakannya di blok.

Tuan rumah punya kans menyamakan skor. Umpan silang apik dilepaskan John Fleck dari kiri, namun gagal dikonversi Leon Clarke, usai sontekannya di mulut gawang membuat bola malah melayang ke atas. Hingga peluit tanda laga berakhir, tidak ada gol yang tercipta lagi skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool pun bertahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement