Ahad 29 Sep 2019 19:53 WIB

Ini Profil Pelatih Baru Persija Asal Brasil

Edson Tavarez pernah melatih klub Arab Saudi dan timnas Vietnam.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ratna Puspita
Edson Tavarez
Foto: Instagram/persijajkt
Edson Tavarez

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajemen Persija Jakarta resmi menunjuk Edson Tavarez sebagai pelatih untuk mengarungi sisa musim kompetisi Liga 1 2019. Edson diperkenalkan ke publik di lapangan PSAU Halim pada (29/9) dan langsung memimpin latihan. Ini merupakan ketiga kalinya Persija ditukangi oleh pelatih asal Brasil.

Edson mengaku senang dapat melatih Persija. Menurut pria berusia 63 tahun ini, tim Macan Kemayoran merupakan tim tersukses di Indonesia.

Baca Juga

Untuk itu, ia ingin memberikan segala kemampuan yang dimiliki untuk Persija. "Saya sangat senang bergabung dengan Persija. Saya berharap dapat membawa Persija keluar dari situasi sulit ini. Saya ingin meraih banyak kemenangan di sini," ujar Tavarez dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Ahad (29/9).

Tavarez bukan pemain baru di dunia sepak bola Asia. Pada 1991, pelatih kepahiran Rio de Janeiro itu sukses membawa klub Arab Saudi Al Hilal menjuarai Asian Club Championship, yang kini bernama Liga Champion Asia.

Pada level Timnas, pada 2004 ia membawa Vietnam berada di peringkat dua LG Cup. Kala itu, Vietnam kalah di partai puncak dari Korea Selatan dengan skor 5-4 melalui drama adu penalti. 

Sementara itu, klub terakhir yang dilatih Edson Tavarez adalah Yokohama FC. Klub ini merupakan peserta kompetisi kasta kedua Liga Jepang atau J-League 2. Dia juga pernah melatih klub Liga Iran, Sepahan, sejumlah klub China, sampai timnas U-22 Oman.

Sebelumnya, Persija Jakarta resmi memecat Julio Banuelos dari kursi kepelatihan klub. Keputusan diambil setelah Persija ditaklukkan Bali United 0-1 dalam laga pekan ke-19 Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Kamis (19/9).

CEO Persija Jakarta Ferry Paulus menyampaikan langsung keputusan tersebut lewat konferensi pers beberapa saat setelah laga usai. Selain Julio, asisten pelatih Eduardo Perez juga diberhentikan oleh manajemen Persija.

Sepeninggalan Julio, Persija ditukangi oleh pelatih sementara Sudirman. Pada debut perdananya, Sudirman yang berhasil membawa Persija menang tipis 1-0 dari Barito Putera.

Namun, Persija kembali gagal meraih kemenangan saat bertandang ke markas Borneo FC pada Jumat (27/9) di Stadion Segiri, Samarinda. Persija kalah 0-1 dari sang tuan rumah.

Laga terdekat Persija selanjutnya adalah melawan Persela Lamongan pada Rabu (2/10). Ini akan menjadi laga perdana bagi Tavarez menukangi tim Ibu Kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement